Berita

Monolog Inayah Wahid dan Lantunan Shalawat Veve Zulfikar Meriahkan Haul Ke-13 Gus Dur

Al-Musthofa Publication Monolog Inayah Wahid dan Lantunan Shalawat Veve Zulfikar Meriahkan Haul Ke-13 Gus Dur

Jakarta, NU Online

Sekretaris Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Inayah Wulandari Wahid dan Pelantun Shalawat Veve Zulfikar akan memeriahkan Peringatan Haul Ke-13 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Sabtu (17/12/2022). Acara yang mengusung tema ‘Gus Dur dan Pembaharuan NU’ itu akan dimulai pukul 19.30 WIB.

Ketua Panitia Haul Ke-13 Gus Dur, Hj Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid menuturkan bahwa Veve Zulfikar akan tampil sebagai pembuka dengan melantunkan shalawat. Lalu dilanjut pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustadz Miqdar Zulfikar Basyaiban Al-Idrisi Al-Hasani. 

Kemudian akan ada pembacaan tahlil yang dipimpin Katib ‘Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori yang diikuti secara daring di enam titik pondok pesantren yang menjadi lokasi Muktamar atau Munas Alim Ulama dan Konbes NU semasa Gus Dur memimpin PBNU.

Keenam pondok pesantren itu yaitu Pesantren Sukorejo Situbondo, Pesantren Krapyak Yogyakarta, Pesantren Lirboyo Kediri, Pesantren Darussalamah Lampung Timur, Pesantren Qomarul Huda Bagu Nusa Tenggara Barat, dan Pesantren Cipasung Tasikmalaya. 

Kemudian, Haul Ke-13 Gus Dur ini akan diisi oleh pidato bertajuk ‘Inspirasi Gus Dur untuk Jamiyah NU Menyongsong Abad Kedua’ oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

Tak ketinggalan, Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) akan mengisi acara dengan penyampaian mauidzoh hasanah tentang ‘Gus Dur dan Pembaharuan NU’. Gus Mus akan bercerita dan mengangkat berbagai inspirasi pelajaran dari keteladanan Gus Dur pada saat berkhidmah di NU.

“Meski membatasi tamu undangan karena Pandemi Covid-19 yang belum usai, namun ini tak mengurangi makna dan kemeriahan acara. Karena ada penampilan monolog yang akan ditampilkan Inayah Wahid (putri bungsu Gus Dur),” kata Alissa Wahid melalui keterangan tertulis, diterima NU Online, pada Jumat (16/12/2022). 

Setelah itu, acara dilanjut dengan sesi galawicara atau talkshow bersama Nyai Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Nyai Sinta akan bercerita tentang perjuangan Gus Dur saat menjadi ketua umum PBNU. Penampilan Abioso soal keberagaman, serta penampilan dari Lesbumi dan Tunas Muda juga akan memeriahkan Haul Ke-13 Gus Dur. 

Melalui Kanal Youtube TVNU dan TV9, para pengagum Gus Dur juga akan menyaksikan penyampaian testimoni dari sejumlah tokoh masyarakat dan lintas agama mengenai sepak terjang Gus Dur. Acara ini akan ditutup dengan doa yang akan dibacakan oleh Mustasyar PBNU KH Husein Muhammad. 

Alissa berharap, peringatan haul tahun ini dapat menjadi momentum untuk mendapatkan, menggali, dan merefleksikan kembali perjuangan Gus Dur untuk NU. 

“Dari sana kita belajar prinsip-prinsip dasar perjuangannya, gagasan besarnya, dan setelah itu NU masa kini dan ke depannya dapat semakin mengembangkan khidmah insklusif NU tersebut,” ujar Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian itu.

Haul Ke-13 Gus Dur ini, kata Alissa, akan membicarakan tentang apa saja kiprah perjuangan Gus Dur selama memimpin NU pada periode 1984-1999. Kemudian akan digali pula bagaimana kondisi NU, sebelum dan sesudah kepemimpinan Gus Dur. 

“Karena temanya Gus Dur dan Pembaharuan NU maka kami mengundang tokoh-tokoh NU untuk memberikan tausiyah tentang khidmah Gus Dur di NU. Itu yang akan kita refleksikan melalui Haul Gus Dur kali ini,” ucap putri sulung Gus Dur ini. 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication Monolog Inayah Wahid dan Lantunan Shalawat Veve Zulfikar Meriahkan Haul Ke-13 Gus Dur

Source link