Berita

MTQ Korpri Ingin Satukan Indonesia

Al-Musthofa Publication MTQ Korpri Ingin Satukan Indonesia

Padang, NU Online
Ketua Dewan Pengurus Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (DPN Korpri) Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa MTQ adalah ajang menyatukan Indonesia. Demikian dikatakannya saat memberi sambutan pada malam ta’aruf yang digelar di kantor Gubernur Sumatra Barat, Ahad (6/11/2022).

“Awalnya MTQ bukan untuk kompetisi. MTQ ada untuk memperkokoh persatuan, membangun ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah,” ujar Zudan dalam rilis yang diterima NU Online, Ahad malam.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri ini mengatakan bahwa MTQ Korpri dari tahun ke tahun semakin besar dan meriah. Bahkan, saat ini banyak pemerintah kab/kota dan perguruan tinggi siap berpartisipasi.

Senada dengan Zudan, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara paling toleran di dunia.

“Indonesia merupakan bangsa paling toleran. Meski rentan karena Indonesia terdiri dari berbagai agama, budaya, bahasa, dan jajaran pulau, namun Indonesia mampu menjaga harmoni semua itu karena nilai-nilai toleransi dipegang teguh bangsa Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mahyeldi berharap malam ta’aruf ini dapat mempererat seluruh kafilah yang turut hadir pada perhelatan dua tahunan ini. Menyinggung pelaksanaan MTQ Korpri, ia mengaku bersemangat agar daerah yang dipimpinnya mendapat berkah Al-Qur’an.

“Kenapa kami bersemangat, agar mendapat berkah Al-Qur’an. Sebab, Al-Qur’an tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat Padang, sesuai dengan semboyan kami,” ungkapnya.

200 juta untuk Juara 1 Kafilah Sumbar 
Dalam rangka memberikan perhatian dan dukungan terhadap para hafidz hafidzah dan qari qariah, Mahyeldi berjanji akan memberikan hadiah untuk para juara 1 asal Sumatra Barat senilai 200 juta rupiah.

Tampak hadir ketua panitia pusat yang juga Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof Nizar Ali, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, mantan Menteri Agama Prof KH Said Agil Husin al-Munawar, dan Direktur Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta Prof Darwis Hude.

Hadir pula jajaran panitia pusat dan daerah, seluruh dewan hakim, pengawas, dan panitera. Malam ta’aruf sendiri diawali dengan jamuan makan malam dengan menu masakan khas Padang serta tarian selamat datang.

Pembukaan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional akan digelar pada Senin, 7 November 2022 malam. Senin pagi hingga sore terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan dewan hakim dan seminar Al-Qur’an.

Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication MTQ Korpri Ingin Satukan Indonesia

Source link