Berita

Nahkoda Baru PCNU Nabire Papua

Al-Musthofa Publication Nahkoda Baru PCNU Nabire Papua

Nabire, NU Online

Nahdlatul Ulama Kabupaten Nabire, Provinsi Papua mengadakan Konferensi Cabang untuk memilih ketua dan rais syuriyah masa khidmat 2021-2026 pada Rabu (1/9/2021). Konfercab berlangsung di Gedung Islamic Center Nabire.

 

Dalam kegiatan ini dihadiri utusan dari 45 Majelis Wakil Cabang (MWC) serta Banom NU di antaranya Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, LP Ma’arif NU dan Pagar Nusa. 


Ketua Panitia Ustadz Slamet yang menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa berjalan karena dukungan dari berbagai pihak. Adapun pendanaan berasal dari sumbangan panitia secara sukarela serta sumbangan yang tidak mengikat dari berbagai masyarakat atau anggota Banom NU.


Caretaker PCNU Kabupaten Nabire Kiai Ichsan Abdul Chanan menjelaskan bahwa Konfercab NU Nabire kali ini dilaksanakan setelah perayaan HUT Kemerdekaan RI.  Dengan semangat perjuangan kemerdekaan, lanjutnya, konferensi ini menjunjung nilai kebersamaan sebagai sebuah organisasi terbesar di tanah air. 

 

Ketua PWNU Provinsi Papua, KH Toni Wanggai mengatakan bahwa berbicara NU di Papua tidak lepas dari peran sosok guru bangsa, yaitu Presiden keempat Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gus Dur adalah sosok yang sangat dihormati dan dicintai oleh masyarakat Papua.

 

Kiai Toni berpesan kepada NU Nabire agar senantiasa memainkan peran dan sinergi dengan pemerintah, masyarakat adat, tokoh agama, aparat keamanan dalam melawan paham radikalisme dan terorisme serta separatisme, sekaligus menjaga ‘halaman depan’ NKRI di wilayah timur Indonesia.


Asisten 1 Sekda Kabupaten Nabier, La Halim menyampaikan bahwa NU yang ada selama ini di Nabire itu ada, tetapi tidak tampak atau tampak tetapi tidak jelas.

 

“Dengan adanya Konfercab ini, maka sebagai pemerintah daerah antusias menyambut, sehingga keberadaan NU bisa jelas di mata masyarakat. Warga Nahdhiyin di Nabire sebenarnya cukup banyak sehingga dengan adanya Konfercab ini bisa merangkul semua kalangan,” kata La Halim.

 

Dia berharap dengan adanya konfercab ini bisa berjalan dengan baik. Walaupun nantinya adanya perbedaan dalam pelaksanaan, itu merupakan hal yang wajar.  

 

Pembukaan Konfercab NU Kabupaten Nabire ditandai dengan pemukulan rebana. Konfercab PCNU Nabire menghasilkan keputusan dalam sidang yang dipimpin oleh Ustadz Muh Thohir didampingi Sekretaris Ustadz Wahyu Budi Santoso.

 

Terpilih sebagai Rais Syuriyah adalah KH Muh Rofiq, dan Usta Slamet sebagai Ketua Tanfidziyah. 

 

Konfercab PCNU Nabire berjalan sederhana, aman, lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Konfercab menitipkan harapan yang besar bagi seluruh umat khususnya bagi nahdliyin di Kota yang terkenal dengan jeruk, kopi, salak, dan emasnya.


Kontributor: Joko Prayitno

​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Nahkoda Baru PCNU Nabire Papua

Source link