Maahad Al Musthofa Mobile

Pringsewu, NU Online

Memaksimalkan keutamaan bulan Ramadhan sekaligus wujud kepekaan sosial, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Lampung menggelar kegiatan Ramadhan Berkah dengan Sedekah. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Adiluwih dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU dan Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat.


Ketua MWCNU Adiluwih H Muhammad Aziz mengatakan bahwa kegiatan ini dikemas dalam bentuk turun langsung ke ranting NU dengan mendistribusikan santunan bagi anak yatim. Sampai pertengahan Ramadhan 1442 H ini, program ini sudah sudah dilaksanakan di empat titik lokasi.


“Biasanya santunan dilaksanakan di tiap bulan Muharam. Sekarang kita laksanakan di bulan Ramadhan untuk lebih maksimalnya manfaat santunan. Santunan anak yatim se-Kecamatan Adiluwih ini berjumlah 185 anak,” jelasnya saat pelaksanaan kegiatan di Ranting Purwodadi, Ahad (25/4).


Dengan pertimbangan masih dalam suasana pandemi  Covid-19 yang belum mereda, pihaknya merancang kegiatan dengan mendatangi dua ranting NU yang dipusatkan di salah satu ranting. Nantinya akan ada 13 ranting NU yang akan dikunjungi sampai dengan titik terakhir di Ranting Srikaton yang direncanakan pada Mei 2021 mendatang.


“Dengan adanya kegiatan ini, semua pengurus mengharapkan agar kegiatan ini terus berlanjut. Karena melihat anak-anak yang disantuni sangat senang gembira. Mudah-mudahan bermanfaat dan membawa berkah, Amin,” kata Ketua PAC Muslimat NU Adiluwih Hj Binti Khairiyah.


Ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut andil dalam terlaksananya kegiatan tersebut. “Semoga Allah membalas dengan balasan yang setimpal dan mudah-mudahan akan lebih baik lagi, Amin,” Imbuhnya.


Sedekah yang disalurkan kepada para anak yatim ini merupakan hasil dari penggalangan KBNU Adiluwih dan para donatur yang dikoordinir oleh LAZISNU setempat. Saat ini LAZISNU Adiluwih sudah mulai mampu memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di daerah tersebut yang salah satunya infak sedekah melalui program koin NU.


Selain maksimalisasi potensi ZIS, LAZISNU Adiluwih juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada umat Islam di daerah tersebut terkait dengan hukum yang harus diketahui dan pahami seputar ZIS. Di antaranya adalah kegiatan Sosialisasi tentang Perbedaan Amil dan Panitia Zakat. Kegiatan yang bekerjasama dengan LAZISNU Kabupaten Pringsewu ini akan dimulai pada Senin 26 April 2021 di Masjid Al Munawarah Enggal Rejo.


Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini terdiri dari para Pengurus MWCNU, LAZISNU, Jaring Pengelola ZIS di masjid dan mushala, dan utusan ranting NU Se-Kecamatan Adiluwih.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Kendi Setiawan

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link