Berita

NU Online Luncurkan Aplikasi Super Versi Terbaru, Fitur Lebih Lengkap

Al-Musthofa Publication NU Online Luncurkan Aplikasi Super Versi Terbaru, Fitur Lebih Lengkap

Jakarta, NU Online

Bertepatan dengan Hari Santri 2021, aplikasi berbasis keislaman milik NU Online kini hadir dengan versi terbaru, yaitu NU Online Super App versi 2.0. Versi terbaru ini memiliki fitur lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan umat Islam di Indonesia di antaranya kalender hijriah, kalkulator zakat, dan lain sebagainya. 


“Alhamdulillah, bertepatan Hari Santri 22 Oktober 2021 ini, NU Online Super hadir dengan versi 2.0,” ujar Pemimpin Redaksi NU Online, Achmad Mukafi Niam, Jumat (22/10/2021).


Aplikasi Super NU Online tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Playstore dan Appstore di pranala (link) berikut: Android s.id/nuonline, iOS s.id/nuonline_ios.


Berikut fitur-fitur terbaru pada NU Online Super App versi 2.0:


Al-Qur’an Pojok atau Tampilan Per Halaman

  • Nikmati sensasi membaca Al-Quran via ponsel serasa membaca melalui mushaf cetak, halaman per halaman.
  • Anda tak perlu mendownloadnya untuk bisa membaca keseluruhan isi karena Al-Qur’an di aplikasi ini dibuat berbasis teks, bukan gambar.
  • Tersedia terjemah, transliterasi Latin, dan tafsir yang semakin memudahkan pengguna.


Kalender Hijriah

  • Selain angka penanggalan Masehi dan Hijriah, kalender ini juga dilengkapi penanda hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).
  • Lebih lengkap lagi karena kalender di NU Online Super App ini juga menyertakan keterangan pada tanggal-tanggal tertentu tentang:

1. Hari-hari besar Islam

2. Hari-hari libur nasional

3. Hari-hari penting di NU


Pengguna juga lebih mudah mengingat hari-hari disunnahkan puasa karena terdapat informasi tentang kapan puasa Tarwiyah, Arafah, Tasu’a, Asyura, Ayyamul Bidh, Senin-Kamis, dan lain-lain 


Notifikasi Waktu Shalat

  • Fitur Jadwal Shalat dibuat dengan pedoman perhitungan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama
  • Selain itu, tersedia pula lebih dari 10 jenis perhitungan lainnya yang kian memudahkan, khususnya bagi pengguna luar negeri.

Di antaranya perhitungan versi

• Ummul Qura University Makkah

• JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia)

• Muslim World League atau Liga Muslim Dunia

• dan lain-lain

  • Pengguna juga leluasa memilih jenis pengingat waktu shalat: suara bedug, bunyi kentongan, atau alunan indah adzan dari Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf


Konten Bacaan Ibadah yang Makin Lengkap

Ada ribuan entri maulid, doa, dzikir, shalawat, hizib, ratib, dan wirid-wirid lain dari sumber-sumber yang sahih dan mu’tabar


Kalkulator Zakat, Tasbih Digital, dan lain-lain


Sementara itu, NU Online Super App versi 1.0 pertama kali diluncurkan PBNU pada momen Hari Lahir ke-98 NU pada 16 Rajab 1443 H bertepatan 28 Februari 2021 di Masjid Istiqlal Jakarta.


Saat itu, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj berharap NU Online Super App memberi manfaat besar tak hanya bagi warga NU tapi juga umat Islam secara umum.


“Aplikasi ini merupakan servis terbesar dan pelayanan terbesar untuk warga NU agar semuanya dapat mengakses dengan mudah berbagai amalan ibadah sehari-hari,” ujar Kiai Said Aqil Siroj, Sabtu (27/2/2021) ketika meluncurkan NU Online Super App secara resmi dalam puncak peringatan Harlah ke-98 NU di Masjid Istiqlal Jakarta.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication NU Online Luncurkan Aplikasi Super Versi Terbaru, Fitur Lebih Lengkap

Source link