Maahad Al Musthofa Mobile

Pringsewu, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung mendirikan Al-Qur’an Center untuk semakin membumikan Al-Qur’an di kabupaten berjuluk Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis ini. Al-Qur’an Center akan menjadi majelis untuk mempelajari, memperdalam, mengembangkan, dan mensyiarkan Al-Qur’an sekaligus mampu diaplikasikan dalam kehidupan umat Islam sehari-hari.


Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurrahim mengatakan bahwa Al-Qur’an Center memiliki banyak divisi yang menangani pendalaman Al-Qur’an sesuai bidangnya. Di antara divisi dalam Al-Qur’an Center adalah Tahfidzul Qur’an, Bimbingan Baca Tulis Al-Qur’an, Pengobatan Metode Al-Qur’an, Musabaqah Qur’an, dan Majelis Taklim Al-Qur’an.


“Ke depan kita akan kembangkan lebih banyak lagi divisinya di antaranya Pendalaman Tafsir dan Ilmu Qur’an dan ilmu-ilmu Qur’an lainnya,” katanya saat persiapan peluncuran Al-Qur’an Center di Pringsewu, Selasa (16/3).


Ia menambahkan bahwa selain divisi terkait Qur’an, Al-Qur’an Center yang terletak di depan Bank Lampung Jalan Jenderal Sudirman Pringsewu ini juga akan menjadi tempat halaqah para mualaf berupa pesantren mualaf. Dalam pesantren ini, para mualaf akan dibimbing dengan berbagai ilmu-ilmu dasar Islam seperti membaca Qur’an dan ibadah-ibadah serta ilmu fikih Islam.


Ada juga dalam Al-Qur’an Center, program penguatan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah yang diperuntukkan bagi para generasi muda yang diberinama Aswaja Center. Divisi ini penting untuk membentengi sekaligus menguatkan paham Islam yang moderat dan toleran di tengah maraknya paham-paham baru yang cenderung radikal-ekstrem.


“Al-Qur’an Center merupakan sinergitas NU dan badan otonom serta lembaga NU sebagai ikhtiar PCNU Pringsewu dalam mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga kehidupan masyarakat di Pringsewu akan qur’ani dan penuh berkah,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan bahwa Al-Qur’an Center akan ditangani oleh para guru, ustaz, dan kiai yang sudah jelas kapasitas dan silsilah keilmuannya. Silsilah keilmuan sampai dengan Rasulullah ini penting karena ini akan membawa keberkahan tersendiri bagi siapa saja yang menuntut ilmu.

 

Manajemen pengelolaan Al-Qur’an Center ini akan dikelola oleh LAZISNU bersinergi dengan badan otonom dan lembaga NU lainnya. Saat ini LAZISNU sedang melakukan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana untuk kelancaran kegiatan Al-Qur’an Center yang diperuntukkan bagi masyarakat umum yang ingin belajar dan mendalami Al-Qur’an.

 


H Taufik menambahkan bahwa Al-Qur’an Center akan diluncurkan pada Kamis (16/3) dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti Khatmil Qur’an bil Ghaib, penyerahan bantuan bagi guru ngaji, bakti sosial pengecekan gula darah gratis oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pringsewu.

 

Dalam peluncuran tersebut juga akan dilakukan serah terima donasi dari seorang warga berupa 1 unit kendaraan bermotor kepada LAZISNU Pringsewu untuk keperluan kegiatan sosial. “Semoga kendaraan ini akan bermanfaat untuk para pengurus LAZISNU dalam mengemban amanah sosial kemanusiaan dan kemasyarakatan,” pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Aryudi AR

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link