Berita

PBNU dan UI Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Rakyat

Al-Musthofa Publication PBNU dan UI Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Rakyat

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia (UI). Kerja sama tersebut mencakup bidang pembinaan dan pengembangan sektor modern di organisasi dan amal usaha NU.


“Sektor tersebut yaitu rumah sakit, pendidikan, usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM), ekonomi kerakyatan, dan lainnya,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada NU Online, Selasa (26/10/2021). 


Sebelumnya Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI), Abdul Haris menyambangi kantor PBNU guna membahas kerja sama terkait implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. 


Dalam pertemuannya dengan Kiai Said, ia menyampaikan, kerja sama ini ditujukan untuk saling bersinergi dalam meningkatkan mutu SDM melalui upaya pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). 


Karenanya, pada kesempatan ini, Kiai Said berharap sinergi ini dapat memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) NU dan juga membantu manajemen lembaga modern NU.


Selanjutnya, hal penting lain yang disoroti Kiai said adalah soal konflik sosial berbasis keagamaan, radikalisme, dan ekstrimisme. 


Selaras dengan keinginan Kiai said, UI yang kini telah memiliki lembaga kajian dan laboratorium terbaik terkait konflik sosial berbasis kelompok, suku, ras, dan agama itu mempunyai harapan penting. Yakni pengembangan peace building, resolusi konflik, rekonsiliasi sosial, peer mediation, dan lain sebagainya. 


Disebutkan, UI juga bisa terus membantu dan mengawal khidmat NU untuk memperoleh hadiah Nobel Perdamaian. 


Di sisi lain, UI juga berencana menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan semua Ormas Keagamaan untuk bersama membangun resolusi damai dan rekonsiliasi sosial serta merajut harmoni dan kebersamaan.


Hadir mendampingi Ketua Umum PBNU di acara MoU antara PBNU dengan UI di Kampus Universitas Indonesia Salemba, yaitu Ketua PBNU KH Abdul Mannan, H Robikin Emhas, H Syahrizal Syarif, dan H Hanief Saha Ghafur.


Kontributor: Syifa Arrahmah

Editor: Fathoni Ahmad

Al-Musthofa Publication PBNU dan UI Teken Kerja Sama Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Rakyat

Source link