Berita

PCNU Cianjur Kerahkan Semua Lembaga Bantu Korban Gempa

Al-Musthofa Publication PCNU Cianjur Kerahkan Semua Lembaga Bantu Korban Gempa

Cianjur, NU Online

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur Ajengan Deden Usman Ridwan mengerahkan semua lembaga dan badan otonom untuk membantu korban atau warga terdampak gempa. 

Tak lama setelah gempa berkekuatan 5,6 skala richter itu muncul, Ajengan Deden langsung melihat beberapa titik yang terkena gempa. Ia berkeliling, memantau sejumlah lokasi terdampak gempa sejauh kurang lebih 15 kilometer. 

Selain itu, ia mengeluarkan pernyataan melalui video dengan mendesak pemerintah agar menetapkan musibah gempa di Cianjur ini menjadi status tanggap darurat bencana nasional.

Sejurus kemudian, pernyataan Ajengan Deden itu ditanggapi serius oleh pemerintah. Lalu ia membentuk kepanitiaan kecil dan membangun posko dengan menunjuk Sekretaris PCNU Kabupaten Cianjur Aang M. Subhan ZE sebagai kepala Posko Induk NU Peduli Bencana.

“Jadi, kami berharap NU di Cianjur dengan adanya bencana, benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang terkena musibah. Karena kehadiran NU di akar rumput dinanti oleh masyarakat manfaatnya,” ucap Ajengan Deden kepada NU Online di halaman Kantor PCNU Kabupaten Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Semua lembaga diterjunkan, tanpa terkecuali. Mulai dari lembaga yang berkaitan dengan kebencanaan seperti Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) serta Lembaga Kesehatan (LK) NU, hingga Lembaga Dakwah (LD) NU dan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU.

“Saya mengerahkan seluruh lembaga dengan sesuai tupoksinya. Bahkan, LD dan LBMNU pun diturunkan. Seperti tadi malam pemulasaraan jenazah oleh teman-teman LD dan LBMNU,” ucapnya. 

Selain itu, beberapa kader IPNU-IPPNU dan Banser juga terlihat mondar-mandir menyiapkan bantuan untuk diserahkan kepada warga terdampak gempa. Mereka turut serta turun ke lokasi gempa untuk menjadi relawan kebencanaan. 
 

Di lokasi yang sama, Sekretaris LPBI PBNU Halik Rumkel mengaku telah berkoordinasi dengan para pengurus LPBI PWNU Jawa Barat, terurama di Cianjur. Ia juga telah menjalin koordinasi dengan LAZISNU, baik di level PCNU Cianjur maupun PWNU Jabar. 

“Kami berkoordinasi kira-kira apa yang bisa segera dikerjakan. Kita bersama-sama mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang terkena dampak di Cianjur,” tutur Halik Rumkel.

Usai pertemuan itu, jajaran PCNU Kabupaten Cianjur bersama LAZISNU dan LPBI PBNU bersama-sama meninjau lokasi terdampak gempa. 

Rombongan ini mengarahkan tujuan ke Kecamatan Cugenang, salah satu daerah yang terdampak gempa di Cianjur. Kemudian pada setiap titik yang dianggap cukup parah, rombongan berhenti untuk memberikan popok bayi, air mineral, dan nasi kotak.   

Tenda-tenda darurat dipasang di pinggir-pinggir jalan, di ruang terbuka. Di antara yang dihampiri oleh rombongan NU Peduli Bencana ini adalah di Desa Padaluyu, Cirumput, Talaga, dan Cibulakan. 

Pada sepanjang jalan di Kecamatan Cugenang yang berliku ini, berkali-kali terdengar suara sirine ambulans yang hilir-mudik membawa korban gempa.  

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Al-Musthofa Publication PCNU Cianjur Kerahkan Semua Lembaga Bantu Korban Gempa

Source link