Berita

Pendukung Jepang Punguti Sampah Usai Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2022

Al-Musthofa Publication Pendukung Jepang Punguti Sampah Usai Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2022

Jakarta, NU Online
Sejumlah pendukung Jepang tampak memunguti sampah, baik berupa botol, plastik, kertas bekas makanan, hingga kain-kain bekas spanduk pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara tuan rumah, Qatar melawan Ekuador, Ahad (20/11/2022) malam.

 

Hal itu tampak dalam video reels Instagram Omar Farooq, @Omr94, yang diunggah pada Senin (21/11/2022). Pria yang juga kreator konten itu terkagum-kagum melihat sikap warga Negeri Matahari Terbit itu.

 

“Di akhir pertandingan pembuka Piala Dunia antara Qatar vs Ekuador, ada hal aneh, mayoritas orang Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion,” katanya dalam video tersebut.

 

Ia pun penasaran, apa yang sebetulnya mereka inginkan dari pekerjaan yang dianggap ‘aneh’ itu. Ia sendiri terhenyak, ternyata memang tanpa maksud apa-apa.

 

“Saya bertanya kepada mereka mengenai alasan yang membuat mereka membersihkan itu,” ujar pria yang mengenakan pakaian khas Arab itu.

 

Mereka menjawab, bahwa orang Jepang menghormati tempat. “Kami orang Jepang tidak meninggalkan sampah di belakang. Kami menghormati tempat,” kata perempuan Jepang yang mengenakan kaos berwarna biru kebanggaan timnas Jepang itu.

 

Lebih lanjut, Omar mengerucutkan pertanyaan guna mendapatkan kepastian mengenai sikap ‘aneh’ orang Jepang itu. “Tidak karena (ada) kamera?” tanya pemilik akun yang sudah diikuti 2,5 juta pengikut itu.

 

“Oh, tidak. Tidak sama sekali,” jawab pria Jepang yang mengenakan kaos dobel itu. Satu kaos ‘kebesaran’ timnas Jepang yang berwarna biru, sedang kaos yang melapisinya bergambar Tsubasa, tokoh kartun sepakbola kebanggaan Jepang. Kaos itu juga bertuliskan Syukran Qathr dengan aksara Arab yang berarti terima kasih Qatar.

 

Omar pun memeluk beberapa pendukung Jepang itu sebagai bentuk terima kasih atas sikap ‘aneh’nya yang justru menggerakkanya untuk mengikuti tindakan mereka.

 

Unggahan tersebut sudah ditonton lebih dari 3 juta kali dan mendapatkan 374 ribu like dan 5.600 komentar sampai berita ini diunggah. Banyak komentar yang menaruh hormat atas tindakan tersebut.

 

Namun, ada pula yang berkomentar cukup panjang, bahwa orang-orang Jepang ini sesungguhnya menerapkan kandungan Al-Qur’an dan hadits.

 

“Mereka mengambil semua gagasan dan kebiasaan Islam dari kitab suci Al-Qur’an dan hadits dan menerapkan semuanya untuk menghormati moral yang sayangnya kita sebagai Muslim sendiri tidak menerapkannya,” tulis pemilik akun @zaina.zamareh.

 

“Yang berarti pasti tidak ada satupun Arab yang melakukan hal-hal ini atau bahkan jika dari awal seharusnya, mereka tidak membuang sampah-sampah itu,” lanjutnya.

 

“Semoga Allah membalas kebaikan mereka,” harap Zamareh.

 

Untuk diketahui, pertandingan pertama itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Ekuador. Tuan rumah Qatar harus menelan pil pahit karena kekalahannya di Stadion Al-Bait, Doha, Qatar itu. Ia harus lebih mempersiapkan diri guna menghadapi dua tim lainnya di Grup A, yaitu Senegal dan Belanda.

 

Adapun Jepang pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini berada di grup E. Ia harus bersaing dengan Spanyol, Kostarika, dan Jerman untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, yaitu 16 besar.

 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Aiz Luthfi



Al-Musthofa Publication Pendukung Jepang Punguti Sampah Usai Pertandingan Pembuka Piala Dunia 2022

Source link