Berita

Pengurus NU Harus Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Al-Musthofa Publication Pengurus NU Harus Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Jakarta, NU Online

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Samsul Maarif berharap, seluruh pengurus NU di semua tingkatan bisa menjadi teladan dalam pencegahan Covid-19 melalui ikhtiar lahir dan batin. 


Ia menyebutkan, pembacaan shalawat nariyah yang dilakukan secara rutin, misalnya, merupakan salah satu bentuk dari ikhtiar batin. Sementara ikhtiar lahir yang juga harus dilakukan adalah menaati protokol kesehatan dan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021. 


“Semua pengurus NU di seluruh tingkatan dan Nahdliyin harus menjadi contoh di tengah masyarakat terutama dalam ketaatan protokol kesehatan maupun ketaatan aturan yang sekarang sedang digelorakan oleh pemerintah melalui PPKM Darurat,” tutur Kiai Samsul dalam acara Pembacaan Shalawat Nariyah dan Doa untuk Keselamatan Bangsa secara virtual, Ahad (4/7) malam.


Ia pun berharap agar seluruh pengurus NU, terutama di DKI Jakarta, untuk sementara tidak melakukan kegiatan tatap muka yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Lebih dari itu, ia mengajak seluruh Nahdliyin untuk senantiasa memberikan motivasi kepada masyarakat agar berkenan ikut vaksinasi. 


Pasalnya, PWNU DKI Jakarta sendiri akan menggelar vaksinasi massal pada 7-10 Juli. Sebanyak 5000 orang ditarget agar bisa divaksinasi selama empat hari pelaksanaan itu. Seluruh pengurus di semua tingkatan mulai wilayah hingga ranting termasuk badan otonom dan lembaga menjadi sasaran vaksinasi. 


“Oleh karena itu, hal seperti ini harus kita gerakkan di semua provinsi. Kalau bisa, untuk pengurus wilayah yang lain bisa bekerja sama dengan pemda, dengan polda dan polres setempat agar mengajak warga Nahdliyin dan masyarakat lain mau ikut vaksinasi, terutama untuk pencegahan Covid-19,” pungkas Kiai Samsul.


Sebagai informasi, Pembacaan Shalawat Nariyah dan Doa untuk Keselamatan Bangsa ini sudah memasuki malam ke-9 sejak 26 Juni 2021 lalu. Acara rutin yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube TVNU ini dapat terlaksana atas kolaborasi jajaran PBNU, LDNU, RMINU, LTMNU, dan NU Care-LAZISNU.


Pada malam kesembilan ini, Wakil Ketua LDNU KH Misbahul Munir memimpin pembacaan shalawat nariyah yang diikuti oleh seluruh pengurus NU se-Indonesia dan Dunia. Adapun mauidzah hasanah disampaikan oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Pengurus NU Harus Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Source link