Berita

Penyaluran Daging Kurban NU Jaksel Dibarengi Pembagian Beras

Al-Musthofa Publication Penyaluran Daging Kurban NU Jaksel Dibarengi Pembagian Beras

Jakarta, NU Online

Pada Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini, NU Care-LAZISNU Jakarta Selatan mengadakan penyembelihan hewan kurban di beberapa titik dengan menerapkan protokol kesehatan. Adapun distribusi daging kurban kepada para mustahiq dilakukan secara door to door kepada para penerima, tanggal 20-22 Juli 2021.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Jakarta Selatan, Ahmad Balya mengatakan ada 8 ekor sapi yang disembelih. Sementara jumlah penerima mencapai 1000 mustahiq.

 

Pihaknya mengaku bersyukur kegiatan kurban kali ini berjalan lancar di tengah-tengah pandemi Covid 19 yang masih mengancam warga Jaksel.

 

“Kegiatan kurban ini dilaksanakan NU Care-LAZISNU hingga tingkat ranting dengan tema Nusantara Berkurban Solidaritas Tanpa Batas. Jaringan NU yang mengakar hingga ke masyarakat bawah membuat NU Care-LAZISNU sebagai salah satu lembaga andalan di NU dapat menyelenggarakan kurban dan distribusi daging kurban hingga ke seluruh wilayah Indonesia hingga luar negeri,” kata Ahmad Balya, Sabtu (24/07/2021).  

 

Ia menjelaskan, di Jakarta Selatan, pembagian daging kurban dilakukan secara simbolis di lokasi pemotongan dan selanjutnya didistribusiksn ke rumah-rumah. Titik-titik penyembelihan hewan kurban seperti di Kecamatan Jagakarsa, Mampang, Pancoran dan Pesanggrahan.

 

Menurut Ahmad Balya, NU Care-LAZISNU Jakarta Selatan sebagai lembaga amil zakat berskala nasional rutin setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan kurban dan menyalurkan daging kurban kepada para mustahiq.

 

“Jauh sebelum Idul Adha, kami melakukan penghimpunan donasi kurban secara intensif. Beberapa pengurus inti LAZISNU Jaksel membantu penyelenggaraan kurban ini sejak pemotongan hewan hingga pendistribusian daging kurban,” imbuhnya.

 

Ia mengatakan beberapa mitra kerja sama NU Care-LAZISNU Jaksel seperti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Bank Syariah Indonesia turut memberikan bantuan signifikan sehingga kegiatan kurban ini bisa dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wijaya Karya dan Bank Syariah Indonesia serta masyarakat yang telah mempercayakan kegiatan kurban dan penyaluran daging kurban melalui NU Care-LAZISNU Jakarta Selatan,” ujar Ahmad Balya.

 

Ketua PCNU Jakarta Selatan KH Abdul Rozak Alwi menjelaskan bahwa kegiatan kurban di titik wilayah Kecamatan Pesanggrahan juga dilakukan pembagian beras sebanyak 1 ton. Beras dibagikan kepada warga sekitar lokasi pemotongan hewan kurban. Hal ini menjadi kontribusi dan peranan NU di tengah-tengah masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi sebagai dampak Covid-19.

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Penyaluran Daging Kurban NU Jaksel Dibarengi Pembagian Beras

Source link