Berita

Perbedaan Mendidik dan Mengajar – Pondok Pesantren Lirboyo

Al-Musthofa Publication Perbedaan Mendidik dan Mengajar - Pondok Pesantren Lirboyo

Tarbiyah / mendidik. Mendidik itu tidak sama dengan mengajar. Kalau mengajar itu anak yang diajar diberi tahu, kamu mau melaksanakannya atau tidak, terserah.

Kalau mendidik tidak seperti itu. Jadi kita berikan penjelasan, kita berikan contoh dan anak itu diawasi supaya menjalankan apa yang telah kita sampaikan. Itu mendidik.

Kalau mengajar ya entah kamu kerjakan atau tidak terserah.

Kalau mendidik itu harus kita teliti, harus kita perhatikan. Bagaimana sesudah kita berikan pendidikan, dia mau menjalankan atau tidak, ini terus kita awasi. Ini pendidikan. Supaya anak-anak sesudah kita berikan penjelasan itu bisa melaksanakan apa yang dikehendaki oleh pendidikan tersebut. Ini yang paling penting.

Didekati

Jangan kita ajar terus kita “Biarlah tidak tahu”, tidak. Kita berikan pendidikan, kita berikan perhatian. Kalau kelihatannya kurang benar dibenarkan. Kalau sudah benar didorong. Ini pendidikan. Jadi insya Allah pendidikan kita dalam Pondok Pesantren Lirboyo akan berhasil dengan sebaik-baiknya.

Dan saya ucapkan terima kasih atas keikhlasan Anda dalam membantu yang ada dalam Pondok Pesantren Lirboyo yaitu mendidik pada anak-anak.

Anda yang ikhlas

Ikhlas itu nanti buahnya adalah keberkahan. Anda dalam mendidik itu ikhlas, mensyukuri terhadap ilmu yang Anda miliki, “Alhamdilillah oleh Allah aku sudah diberi ilmu. Sekarang ada orang yang membutuhkan , aku berikan kepada orang yang membutuhkan.” Dengan ikhlas demikian insya Allah lebih berkah nantinya.

Sudah, tidak perlu mengharap apa-apa. Ya alhamdulillah oleh Allah kita diberi kesempatan bisa mengajar. Ini sudah derajat yang paling tinggi. Bisa mengajar itu sudah derajat yang paling tinggi. Ta’limal muta’allim itu adalah suatu derajat yang tinggi. Karena tanpa mengaji kan tidak bisa mengamal. Adanya amal yang benar itu kan sebab dia mau belajar. Nah, belajar itu harus ada yang mengajar. Belajar sendiri tanpa ada yang mengajar ya bisa menyesatkan.

Jadi, diri kita yang ikhlas. Menjalankan perintah Allah, nasyrul ‘ilmi (menyebarkan ilmu). Mendidik kepada orang-orang yang belum tahu, supaya dia dalam ibadahnya bisa benar. Ini yang paling baik.

Dawuh KH. M. Anwar Manshur

Lihat selengkapnya di:
Buah Keikhlasan dalam Mendidik | KH. M. Anwar Manshur

Baca juga:
NASEHAT AWAL TAHUN AJARAN

Perbedaan Mendidik dan Mengajar
Perbedaan Mendidik dan Mengajar

Al-Musthofa Publication Perbedaan Mendidik dan Mengajar - Pondok Pesantren Lirboyo

Source link