Berita

Pergunu Aceh: Mendidik dengan Kearifan Lokal

Al-Musthofa Publication Pergunu Aceh: Mendidik dengan Kearifan Lokal

Aceh Besar, NU Online

Ketua Pimpinan Wilayah Parsatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Aceh Tgk Muslem Hamdani menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru di Aceh baik yang mengajar di madrasah, di dayah, maupun di sekolah atas dedikasinya dalam mendidik generasi Aceh dengan berbasis pada kearifan lokal.

Ia sangat mengapresiasi kerja keras para guru dalam mendidik dan mencetak generasi Aceh dengan nilai-nilai islami sesuai dengan kearifan lokal Aceh. “InsyaAllah Upacara Hari Guru Nasional ini hendaknya terus kita laksanakan setiap Tahun dengan pemilihan tempat upacara yang berbeda-beda,” katanya usai upacara Hari Guru Nasional di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 8 Aceh Besar Senin, (28/11/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama Pimpinan Cabang (PC) Pergunu Aceh Besar dan PC Pergunu Kota Banda Aceh. Upacara itu menghadirkan Tgk Suryadi sebagai pembina upacara. Ia merupakan Ketua Dewan Pakar Pergunu Aceh Besar dan Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Aceh Besar.

Senada, Ketua Pergunu Aceh Besar Tgk Khasanda juga menyampaikan agar para guru dapat memberikan pembelajaran dengan islamisasi pendidikan dan mengacu pada implementasi Kurikulum K-13 atau Kurikulum Merdeka.

“Peningkatan mutu pendidikan Aceh tidak hanya sampai pada batas kognitif tapi juga pada penanaman nilai ketauhidan, tasawuf, dan fiqih sesuai tuntunan islam. Kita berharap mutu pendidikan Aceh semakin menjadi lebih baik,” katanya.

Selain upacara, Pergunu Aceh juga memberikan santunan kepada siswa-siswi MTs N 8 Aceh Besar yang berstatus yatim piatu. Pergunu Aceh juga memberikan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Tgk Suryadi.

Kepala MTsN 8 Aceh Mariana menyambut hangat Kegiatan Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan Santunan Anak Yatim yang diselenggarakan oleh PW Pergunu ini. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dalam Kegiatan ini, khususnya kepada Ketua PW Pergunu Aceh Tgk. Muslem Hamdani dan kepada Tgk. Suryadi.

Kegiatan silaturahim bersama dewan guru dan para siswa dilanjutkan setelah rangkaian acara di lapangan, semua pengurus Pergunu dijamu kopi aceh sembari menonton pertunjukan seni siswa-siswi MTs N 8 Aceh Besar.

Editor: Syakir NF

Al-Musthofa Publication Pergunu Aceh: Mendidik dengan Kearifan Lokal

Source link