Berita

Pergunu Turut Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur

Al-Musthofa Publication Pergunu Turut Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur

Cianjur, NU Online
Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP Pergunu) menyalurkan sejumlah bantuan untuk warga terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (26/11/2022). Bantuan kemanusiaan ini diserahkan langsung di beberapa titik lokasi terdampak dan terparah.

Wakil Ketua Umum PP Pergunu, Ahmad Zuhri mengatakan, dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2022 guru mempunyai sikap dan nilai kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan itu selalu melekat dalam diri seorang guru. Hal itu dapat dibuktikan dengan mengalirnya doa-doa dan bantun dari para guru kepada warga yang terdampak bencana alam.

“Bantuan yang disalurkan oleh PP Pergunu saat ini merupakan tahap pertama. Rinciannya, terdapat paket makanan instan, multivitamin, pampers, susu, kopi, paket vitamin dan beberapa obat-obatan. Bantuan yang diberikan ini sesuai kebutuhan lapangan berdasarkan koordinasi dengan Ketua PC Pergunu Kabupaten Cianjur. Bantuan ini akan kami kirim dari PP Pergunu secara bertahap,” ujar Zuhri.

Zuhri menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kerja sama para anggota Pergunu. Kehadiran organisasi menjadi sangat penting dalam membantu warga terdampak bencana gempa karena dapat memfasilitasi jalur koordinasi.

“Banyak anggota Pergunu di seluruh Indonesia sangat ingin membantu para korban, namun karena jarak dan kondisi tidak memungkinkan belum bisa langsung ke tempat korban bencana gempa,” ujarnya.

Pimpinan Pusat Pergunu mendengar aspirasi para anggota Pergunu di seluruh Indonesia bahwa mereka ingin menyalurkan bantuan. Pada akhirnya berdasarkan koordinasi yang baik melalui Pimpinan Pusat dapat memfasilitasi para anggota yang ingin membantu bisa menyalurkannya langsung ke PP Pergunu. 

“Kemudian dari PP Pergunu ke PC Pergunu Kabupaten Cianjur dan dapat disalurkan langsung kepada korban yang membutuhkan,” ujar Dosen UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta itu.  

Di depan Ketua PC Pergunu Cianjur, Zuhri meminta data warga terdampak terutama para anggota Pergunu sekaligus para peserta didik. Data hendaknya memuat kebutuhan khusus atau kebutuhan mendesak yang sangat penting yang diperlukan warga. Setelah adanya data tersebut, PP Pergunu akan segera mengupayakan kebutuhan tersebut agar segera terpenuhi.    

“Kita punya murid yang harus dijamin kondisinya terutama secara mental harus tetap sehat. Bagaimanapun itu tanggung jawab kita bersama,” tutup Zuhri.

Sekretaris Umum PP Pergunu Aris Adi Leksono menyampikan, koordinasi dari Ranting, Pengurus Cabang sampai kemudian ke PP Pergunu menjadi sangat penting mengingat situasi di lapangan harus betul-betul terjamin. Aris meminta agar musibah tersebut menjadi pelajaran bahwa sikap solid dan saling membantu merupakan sudah menjadi keharusan.

“Hari Guru Nasional saat ini yang juga bersamaan dengan musih gempa menjadi semangat kita untuk membangun kepedulian kepada saudara kita yang terkena musibah,” ujar Aris.

Kontributor : Erik Alga Lesmana 
Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Pergunu Turut Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur

Source link