Berita

Peringati Maulid Nabi, PCINU Amerika Serikat-Kanada Gelar Diba`an di Khadija Mosque

Al-Musthofa Publication Peringati Maulid Nabi, PCINU Amerika Serikat-Kanada Gelar Diba`an di Khadija Mosque

Jakarta, NU Online

Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad saw sekaligus Hari Santri 2021, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Amerika Serikat-Kanada (AS-K) menggelar kegiatan pembacaan Maulid Diba di aula Khadija Mosque, Charlevoix Montreal, Sabtu (23/10/2021).

 

Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziyah PCINU Amerika Serikat-Kanada, Muhammad Izzul Haq menyinggung tentang historisitas Hari Santri yang mengabadikan Resolusi Jihad dan tidak lepas dari peran Rais Akbar NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.

 

“Selanjutnya, demi memperluas cakupan dakwah serta menambah syiar NU, menyelenggarakan kegiatan secara hybrid akan menjadi model kegiatan amaliyah ritual PCINU AS-K ke depan,” ungkapnya sebagaimana rilis yang diterima NU Online.

 

Ditambahkan Izzul, para nahdliyin diaspora yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di Amerika Serikat dan Kanada akan diminta untuk berkumpul bersama di masjid kota masing-masing ketika kegiatan berlangsung.

 

Dalam kegiatan yang dilakasanakan secara hybrid tersebut, turut hadir Habib Zen Al-Jufri dari Washington DC yang didaulat memberikan mauidzah hasanah. Dalam ceramahnya, ia mengulas tentang spirit maulid untuk meneguhkan dakwah santri di luar negeri. Selain itu, Habib Zen juga memberikan motivasi kepada para santri agar tidak ragu dalam berhijrah ke luar negeri.

 

“Para santri agar tidak ragu dan segan melanglang buana serta mengambil peranan dalam dakwah di luar negeri untuk mempromosikan Islam rahmatan lil ‘alamin,” tandasnya.

 

Pembacaan Maulid Diba’ ini dilaksanakan secara bergiliran dan bergantian antar petugas dari tiga negara yang tersebar di Amerika Serikat, Kanada, dan Indonesia. Sementara para jamaah yang hadir secara luring maupun daring berjumlah 60 orang warga NU, diantara jamaah yang hadir adalah para santri dan alumni Pesantren Darul Ulum Jombang Jawa Timur.

 

Kegiatan hybrid yang dipandu oleh host Ulfah Ilyas di Montreal Kanada ini mengundang tim hadrah Asrama 7 Al-Husna Pesantren Darul Ulum Jombang. Acara ini kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan dengan ramah tamah dan menikmati hidangan potluck nahdliyin Montreal. Kegiatan luring di Khadija Mosque ini juga dihadiri dua pejabat KBRI Ottawa, Kanada.

 

Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Peringati Maulid Nabi, PCINU Amerika Serikat-Kanada Gelar Diba`an di Khadija Mosque

Source link