Berita

Pondok Pesantren Murottilil Qur’an (PPMQ)

Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)

Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)

PPMQ adalah salah satu unit Pondok Pesantren Lirboyo yang berada di sebelah barat dari Pondok Induk Lirboyo. Pondok Pesantren Murottilil Qur’an memadukan antara pendidikan al-Qur’an dan pendidikan diniyah. PPMQ Lirboyo lebih menitik beratkan pada metode hafalan dan membaca al-Qur’an yang baik dan benar secara tartil dengan menggunakan al-Qur’an Rosm Utsmany.

Sekilas Sejarah Berdirinya

Berdirinya pondok pesantren unit Lirboyo yang satu ini, tidak bisa dilepaskan dari Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) yang dirintis oleh Al-Ustadz KH. Maftuh Basthul Birri. Madrasah ini berawal sekitar tahun 1397 H./ 1977 M. yang kala itu berupa pengajian dengan sistem sorogan yang diasuh langsung oleh KH. Maftuh Basthul Birri.

Karena semakin banyaknya santri yang mengaji, maka sekitar tahun 1978 M. MMQ berdiri sebagai lembaga pendidikan Pondok Pesantren Lirboyo yang khusus membidangi al-Qur’an.

Santri dan Asrama Tahfizh Perdana

Pada tahun 1989/1990 ada seorang  santri yang berhasrat menghafalkan al-Qur’an. Oleh beliau Al Ustadz disambut dengan senang hati dan tangan terbuka. Lama kelamaan santri yang ingin menghafalkan al-Qur’an terus bertambah, sehingga demi kelancaran pengajian, maka pada tahun 1997 dibentuklah struktur kepengurusan yang khusus menangani bidang hafalan al-Qur’an. Dengan dibentuknya kepengurusan ini, maka berdirilah sebuah majelis khusus yang menjadi wadah bagi santri huffazh, yang diberi nama dengan Majelis Qiro’ah wat Tahfizh.

Pembangunan asrama MQT sebagai Sijnu Yusuf bagi para calon Ahli Qur’an dimulai pada periode keempat (tahun 2001). Sebelum periode itu, para santri yang menghafal al-Qur’an lebih banyak berdomisili di Pondok Induk dan unit-unit lainnya. Dengan terus bertambahnya santri yang ingin menghafalkan al-Qur’an dan perlunya optimalisasi penanganan santri tahfizh, oleh karena itu Al Ustadz dengan segenap kemampuannya mendirikan sebuah asrama (dahulu dikenal dengan Gubug Huffazh) yang terletak di kawasan Lirboyo bagian barat. Bangunan terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama (lantai bawah) merupakan ndalem kediaman Al Ustadz. Lantai II dan III adalah asrama santri.

Berdirinya Pondok Unit dan Cabang

Pada tanggal 16 Juni 2002, MMQ meresmikan cabangnya di daerah Batam, lebih tepatnya di Kampung Selayang, Rt.02 Rw.13 Dormitory, Blok R, Kel. Mukakuning, Kec. Sei Beduk Batam. Seiring perkembangan zaman, MMQ Batam (sekarang disebut PPMQ Cabang Batam) juga telah resmi menjadi Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam.

Seiring dengan semakin meningkatnya minat santri untuk menghafal al-Qur’an, sementara asrama yang tersedia sudah tidak mencukupi untuk menampung santri baru, kemudian muncullah ide untuk membangun asrama baru pada tahun 2004 M. Akhirnya ditemukanlah lokasi yang dianggap tepat sebagai “kawah candradimuka” para calon huffazh Qur’an, yaitu di dusun Kodran, desa Sidomulya, kec. Semen, kab. Kediri, yang bernama PPMQ Unit Kodran Putra Putri.

Awal Mula Pondok Pesantren Murottilil Qur’an

Sehubungan dengan disahkannya MMQ menjadi Unit PP. Lirboyo dengan nama Pondok Pesantren Murottilil Qur’an (PPMQ), sebagaimana tertuang dalam TAP BPKP2L ’09 maka bertepatan tanggal 06 Juli tahun 2009 M. berdirilah Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo (PPMQ Lirboyo) sebagai lembaga yang berdiri dan berada di lingkungan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, yang memiliki otoritas terhadap MMQ, MQT, PPMQ Unit dan Cabang yang telah eksis sebelumnya.

Seiring dengan perkembangannya, 10 tahun setelah pengesahannya PPMQ Lirboyo lebih tepatnya pada tanggal 20 Januari 2019 M. karena berbagai kendala dan demi kemajuan Pondok Pesantren Murottilil Qur’an terjadilah pertemuan antara Pimpinan PPMQ Lirboyo, Pimpinan PPMQ Unit Kodran dan Pimpinan Majlis Qiro’ah Wat Tahfizh (MQT). Atas pertemuan tersebut munculah keputusan yang berupa peleburan antara MQT dan PPMQ Lirboyo.

Dan mulai tahun ini pula, kepengurusan yang semula dilimpahkan kepada MQT, kini diamanahkan kepada PPMQ Lirboyo. Namun demikian, peleburan ini tidak serta merta menghapus MQT. Bahkan demi melestarikan istilah MQT, Pondok Pesantren Murottilil Qur’an memberikan nama kepada lembaga yang menangani kegiatan belajar mengajar di PPMQ Lirboyo dengan nama Majlis Qiro’ah wat Tahfizh (MQT). Dalam perkembangannya, MQT lebih difokuskan menjadi bagian Lembaga dari PPMQ yang menangani dan mengatur sistem pendidikan di Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo.

Untuk mendapatkan brosur PPMQ bisa dibuka di sini

Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Kini

Tahun demi tahun pun berjalan, Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo kian hari berkembang pesat. Sekarang, santri PPMQ telah mencapai 1.180 orang.

Berikut merupakan Lembaga-lembaga yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Murottilil Qur’an:

1. Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) Lirboyo

Kepengurusan MMQ sendiri mulai dibentuk pada tahun 1990 M. Dan mengingat kuantitas siswa yang terus bertambah, MMQ merasa perlu untuk memilah siswanya dalam beberapa tingkatan. Maka dibentuklah jenjang pendidikan dengan tingkatan Ibtida’iyah, Tsanawiyyah, ’Aliyah.

Setiap tahun, Madrasah Murottilil Qur’an (MMQ) terus melakukan perkembangan. MMQ yang saat ini (2021/2022) diikuti oleh 3.053 siswa dipimpin oleh Ustadz M. Muchlisin dari Kediri, Madrasah ini mempunyai empat jenjang tingkatan.

  • Pertama, tingkat I’dadiyah, dapat ditempuh selama setengah tahun dengan materi; buku Turutan A,Ba,Ta Jet Tempur, mempelajari dan membaca mulai surat Al-A’la s/d surat An-Nas.
  • Kedua, tingkat Ibtidaiyah, dapat ditempuh selama setengah tahun dengan materi; buku Persiapan Membaca Al-Qur’an, Bonus Agung Yang Terlupakan, mempelajari dan menghafal mulai surat Al-A’la s/d surat An-Nas.
  • Ketiga, tingkat Tsanawiyyah, dapat ditempuh selama setengah tahun dengan materi buku Standar Tajwid (Fathul Mannan), Manaqibul Auliyail Khomsin, mempelajari dan menghafal mulai surat Al-A’la s/d surat An-Nas, surat Yasin, surat Al-Waqi’ah, dan bacaan-bacaan ghorib.
  • Keempat, tingkat ‘Aliyah, dapat ditempuh selama satu tahun setengah dengan materi; buku Mari Memakai Rosm Utsmaniy dan Tajwid Jazariyyah, sorogan Al-Qur’an juz 1 – juz 30 dan menghafal qishoris shuwar dan surat-surat penting.
2. Majlis Qiro’ah Wat Tahfizh (MQT) PPMQ Lirboyo

MQT adalah lembaga yang menangani kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo. MQT menjadi garda terdepan Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo dalam membentuk karakter santri yang berkualitas. Khususnya dalam segi hafalan Al-Qur’an dan pola hidup sehari-hari.

Akan tetapi siswa MQT selain diharuskan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan di PPMQ Lirboyo, Siswa MQT pun wajib mengikuti kegiatan belajar di Madrasah Hidayatul Mubtadiin (MHM) Lirboyo. Adapun MQT saat ini (2021/2022) dipimpin oleh Bpk. M. Nur Fauzi dari Semarang, dengan jumlah siswa sebanyak 107 siswa.

Kegiatan di MQT terbagi menjadi tiga, harian, mingguan dan tahunan.

  • Kegiatan Harian, meliputi; Qiyamullail, mengaji setor hafalan, pengajian Qiro’at Sab’ah, murottalan bersama, takror hafalan, dan wajib tadarus.
  • Kegiatan Mingguan, meliputi; Jam’iyyah malam Jum’at, sema’an al-Qur’an hari Jum’at (Jum’at ceria), ziaroh Jum’at pagi, dan musyawaroh kitab Jurumiyyah & Sullamut Taufiq.
  • Kegiatan Bulanan, meliputi; sema’an Haul Masyayikh dan lalaran Jazariyah.

Adapun jenjang pendidikan yang ada di MQT meliputi;

  1. Marhalah I’dadiyah (materi hafalan juz ‘amma dan surat-surat penting dan buku Persiapan Membaca Al-Qur’an).
  2. Marhalah Ula (materi hafalan juz 1-10 dan buku Tajwid Jazariyyah).
  3. Marhalah Tsaniyah (materi hafalan juz 11-20 dan buku Tajwid Jazariyyah).
  4. Marhalah Tsalitsah (materi hafalan juz 21-30 dan buku Tajwid Jazariyyah).
  5. Tingkat Sab’atul Qiro’ah bagi santri yang memiliki hafalan 20 Juz.
3. PPMQ Unit Putra Putri Kodran Semen Kediri

Pada tahun 2004 dibangunlah bangunan baru yaitu Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Putra-Putri di dusun Sidomulyo, desa Kodran, kec. Semen, Kediri, yang berjarak kurang lebih 3 km dari PPMQ Lirboyo. Adapun untuk santri putra putri yang berada di PPMQ Unit Kodran saat ini (2021/2022) mencapai 580 santri putra dan 439 santri putri.

Kegiatan dan jenjang pendidikan yang ada di PPMQ Unit Kodran sama dengan yang ada di MQT PPMQ Lirboyo. Pada mulanya, PPMQ Kodran adalah pesantren yang fokus pada pengajian al-Qur’an. Akan tetapi pada akhir-akhir ini, PPMQ Kodran telah memiliki Madrasah Diniyyah yang bernama MDMQ (Madrasah Diniyyah Murottilil Qur’an) dengan tenaga pengajar yang rata-rata lulusan Madrasah Hidayatul Mubtadiin (MHM) Lirboyo.

Jenjang pendidikan yang berada di MDMQ adalah Tingkat Ibtida’iyah dan Tsanawiyah. Adapun kegiatan MDMQ digelar setiap hari mulai pukul 08.00 WIs. Untuk saat ini, siswa MDMQ Kodran putra berjumlah 395 siswa dan siswi MDMQ Kodran putri berjumlah 348 siswi.

4. Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam

Bermula dengan diresmikannya MMQ cabang Batam pada tanggal 16 Juni 2002, saat ini MMQ Batam (sekarang disebut PPMQ Cabang Batam) juga telah resmi menjadi Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam.

Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam MMQ Cabang Batam, saat ini dipimpin oleh Ustadz Imam Hasan Asy’ari dari Kendal. Beliau adalah salah satu dari tiga Ustadz yang pertama kali diutus langsung oleh beliau Al Ustadz KH. Maftuh Basthul Birri ke MMQ Batam. Pada saat itu, beliau diutus ke Batam bersama Ustadz Miftahul Huda dari Blitar dan Ustadz Agus Mukhlis dari Trenggalek.

Adapun Lembaga-lembaga yang berada dalam naungan Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam meliputi ;

  1. MMQ Jet Tempur;
  2. PPMQ Jet Tempur 1 Kampung Selayang;
  3. PPMQ Jet Tempur 2 Kampung Bagan;
  4. TPQ Jet Tempur;
  5. TK Jet Tempur;
  6. SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Jet Tempur.

Hingga saat ini, jumlah keseluruhan santri/siswa yang berada di Yayasan Murottilil Qur’an Kota Batam berjumlah 231 santri.

Data Statistik Santri

Untuk data santri Pondok Pesantren Murottilil Qur’an adalah dari jumlah santri PPMQ Lirboyo, PPMQ Kodran dan PPMQ Jet Tempur Batam yaitu sebanyak 1.180 santri. Tidak memasukkan Santri nduduk gubughuffazh & Siswa MMQ.

Fasilitas PPMQ
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)
Jadwal Kegiatan PPMQ
  1. Siswa Ibtidaiyah & Tsanawiyah MHM
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)

2. Siswa Aliyah MHM & Maha Santri Ma’had Aly

Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)
Galeri PPMQ

Untuk mengetahui selengkapnya tentang PPMQ, bisa dilihat di sini
Jangan lupa juga untuk ikuti intsagram PPMQ

0



Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Murottilil Qur'an (PPMQ)

Source link