Berita

Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah

Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah

Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah

Lirboyo adalah nama desa yang senantiasa dikaitkan dengan pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1910 di desa tersebut. Pesantren ini sangat terkenal bagi komunitas pesantren bahkan bagi pengamat pesantren dalam dan luar negeri. Pesantren yang terkenal dengan Nahwu, shorof, dan Bahtsul Masā’il dalam fiqih ini telah mencetak pribadi-pribadi yang terbukti mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Pesantren yang semula hanya mengajarkan kitab kuning dan hanya diperuntukkan bagi santri laki-laki tersebut, ternyata juga diharapkan oleh masyarakat untuk juga membuka sekolah yang mengajarkan ilmu-ilmu umum untuk putra dan putri mereka. Dalam rangka memenuhi harapan tersebut, K.H. M. Ma’roef Zainuddin beserta istrinya, Ibu Nyai Hj. Aina ‘Ainul Mardliyyah Anwar pada bulan Syawal 1426 H Syawal atau bulan Februari 1995 M mendirikan sebuat pesantren yang akhirnya diberi nama Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah.

Pesantren yang mempunyai motto “Membentuk Pribadi Luhur yang Mampu Bersaing Secara Global” ini bertujuan mencetak alumni yang tidak hanya cerdas dan terampil, tetapi juga berakhlakul karimah yang mengorientasikan kehidupannya sebagai pengabdian kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Pondok Pesantren ar-Risalah menfokuskan seluruh programnya untuk mengantarkan santri menjadi pribadi yang fasih membaca al-Qur’an, mampu memahami kitab kuning, berkarakter islami, cerdas, terampil, dan mampu berdaya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan responsif terhadap perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi, sehingga dapat mewarisi karakter rasul yang Siddīq, Amānah, Tablīgh, dan fathānah.

Secara geografis, pondok pesantren ini terletak di kelurahan Lirboyo, kecamatan Mojoroto, kota Kediri, Jawa Timur, menempati satu kompleks dengan pondok pesantren Lirboyo.

Latar belakang berdirinya Ar-Risalah

Di samping dalam rangka memenuhi harapan masyarakat di atas, ar-Risalah didirikan juga dikarenakan adanya kesadaran dari pendiri tentang banyaknya kemerosotan akhlak dan kepribadian masyarakat pada umumnya. Era globalisasi ini di samping ditandai terjadinya mobilitas fisik, sosial, intelektual yang jauh lebih intensif, juga ditandai dengan adanya media komunikasi yang semakin canggih. Kedua hal tersebut menyebabkan berbagai tradisi, baik yang positif maupun negatif, di berbagai belahan bumi ini dengan mudah masuk ke dalam bilik-bilik keluarga. Pesantren ini diorientasikan untuk memaksimalkan dampak tradisi positif dan meminimalisir ekses tradisi negatif dari globalisasi. 

Pendirian pesantren ini juga didorong oleh keinginan untuk menghilangkan anggapan-anggapan negatif mengenai pondok pesantren seperti tidak tepat waktu dan tidak menjaga kebersihan. Ar-Risalah berupaya menunujukan bahwa pesantren adalah lembaga pendidikan yang mulia dan berharga yang mampu mencetak generasi bangsa yang mampu berpikir cerdas dan maju, siap bersaing di tengah masyarakat global dengan didasari akhlakul karimah dan akidah ahlusuunnah waljamaah.

Perkembangan Ar-Risalah

Atas rahamat Allah SWT, pondok pesantren yang terkenal dengan pondok hijau ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada tahun ketika pesantren ini didirikan, 1995, telah disyahkan pula akta pendirian Yayasan Pendidikan Ar-Risalah dan didaftarkan pada notaris pada tahun yang sama. Satu tahun kemudian, pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar dimulai, yaitu pada tahun ajaran 1996-1997. Sedangkan Lembaga Pendidikan SMP didirikan pada tahun 2000 M, dan Lembaga Pendidikan SMA didirikan pada tahun 2003. Ketiga lembaga pendidikan tersebut telah terakreditasi dengan Predikat A.

Sejalan dengan bertambahnya usia pesantren dan seiring dengan meningkatnya jumlah santri, pesantren ini senantiasa menambah gedung serta sarana dan prasarana dalam setiap tahunnya. Sejak tahun 2005, dilaksanakan pembangunan pondok pesantren salafiy II, yang berlokasi di sebelah utara pondok pesantren salafiy I. Saat ini, pembangunan di pesantren masih terus berlangsung untuk memenuhi fasilitas serta kualitas yang dibutuhkan sejalan dengan bertambahnya kuantitas.

Saat ini, jumlah statistik santri Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah ada 284 santri baik laki-laki maupun putri.

Lembaga-lembaga pendidikan di Ar-Risalah

Sesuai dengan namanya, Pondok Pesantren Salafiy terpadu Ar-Risalah mengelola tiga macam pendidikan yang berbeda, pendidikan Al-Qur`an, pendidikan diniyah, dan pendidikan umum. Hal ini dimaksudkan agar tiga jenis pendidikan tersebut bisa saling menambah dan melengkapi. Tidak hanya itu, dalam rangka mengembangan minat dan bakat santri, pesantren ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler.

Jadwal kegiatan PPST. Ar-risalah
Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah
Kegiatan Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah
Fasilitas gedung PPST. Ar-Risalah
  1. Asrama putra
  2. Asrama putri
  3. Musholla
  4. Ruang makan
  5. Ruang sekolah
  6. Laboratorium bahasa
  7. Laboratorium komputer
  8. Perkantoran
  9. Laboratorium biologi
  10. Laboratorium kimia
  11. Laboratorium fisika
  12. Ruang multimedia
  13. Unit kesehatan sekolah
  14. Perpustakaan
  15. Radio Risalah FM
Galeri gedung Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah
Barang yang akan didapat
Kontak Person PPST. Ar-risalah

Lebih jelas terkait Pondok Pesantren Lirboyo Unit Ar-Risalah, kunjungi website resminya di sini

Untuk mendapatkan brosur Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah dapat didownload di link yang kami cantumkan di sini; Download Brosur Ar-Risalah 2022-2023

3

Al-Musthofa Publication Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah

Source link