Berita

Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak

Al-Musthofa Publication Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak

Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak

Assalamualaikum wr. Wb.

Saya ingin menanyakan soal puasa yang dikerjakan bertepatan dengan hari kelahiran seseorang, atau yang dalam istilah Jawanya dikenal dengan istilah puasa weton. Puasa ini rutin dikerjakan orang tua saya. Sebenarnya bagaimana pandangan islam tentang puasa weton? Sekian.

Sulaiman, Purwodadi

_________

Waalaikumsalam wr. Wb.

Penanya yang dirahmati Allah, semua orang tua menginginkan putra-putrinya memiliki kecerdasan, berbakti kepada orang tua dan berakhlak mulia sehingga membanggakan mereka. Maka bermacam upaya mereka lakukan, dengan mendidik dan menyekolahkan anak setinggi-tingginya. Selain itu juga berupa upaya batin, termasuk berpuasa di hari kelahiran anak.

Sementara yang ditemukan dari hadis Nabi saw. Saat beliau ditanya kenapa melakukan puasa di hari senin jawab beliau ;

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ، ويوم بُعِثْتُ، أو أُنزِلَ عليَّ فيه

Di hari tersebut, aku dilahirkan, diutus dan diturunkan Al-Qur’an kepadaku.”

Dalam hadis lain dikatakan ;

تُعْرَضُ الْأَعْمَالُ يَوْمَ الْاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ، فَأحِبّ أنْ يًعْرَضَ عَمَلِي وَأنَا صَائِمُ

Amal seseorang akan dilaporkan pada hari senin dan kamis, aku senang jika amalku dihadapkan kepada Allah sedang aku dalam keadaan puasa.

Alasan yang tertera pada kedua hadis di atas tidaklah bertentangan, mengingat esensi dari keduanya adalah ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepada beliau. Dan luapan syukur bisa diwujudkan dalam segala kebaikan, seperti bersedekah berupa makanan yang lazim dikerjakan masyarakat Jawa bertepatan pada hari kelahiran anak dengan mengundang tetangga sekitar. Yang demikian ini, mensyukuri nikmat yang Allah berikan, sangat dianjurkan, seperti kata syekh Abi Bakar Syatho dalam Hasyiyah I’anatut Thalabin-nya ;

(تتمة) يستحب صوم يوم الأربعاء شكرا لله تعالى على عدم هلاك هذه الأمة فيه كما هلك فيه من قبلها

Disunahkan untuk berpuasa di hari rabu sebagai bentuk syukur kepada Allah yang tidak menghancurkan umat Muhammad sebagaimana Dia menghancurkan umat sebelumnya di hari tersebut.”

Meski demikian, puasa yang dikerjakan tepat di hari kelahiran anak dengan maksud sebagaimana di atas tidak sampai mempengaruhi keabsahannya. Terlebih bentuk syukurnya diluapkan dalam rupa puasa yang mengandung banyak fadilah.  Allahu a’lam. []

Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak
Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak

baca juga: Hitungan Weton Jodoh Masyarakat Jawa
tonton juga: AKHLAK ITU SEGALANYA || MOMEN MENGHARUKAN KH. ANWAR MANSHUR DAN HABIB ALI AL-JUFRI

7

Al-Musthofa Publication Puasa Weton untuk Kecerdasan Anak

Source link