Maahad Al Musthofa Mobile

Poso, NU Online

Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Poso Sulawesi mengisi Safari Ramadhan 19 April-2 Mei 2021. Safari Ramadhan bekerjasama dengan Komisarit Daerah (Komda) Alkhairat dengan tujuan untuk mempererat silaturahim di antara PCNU dan MWCNU.

 

Melaui acara ini dirangkaikan pula buka puasa dan shalat Tarawih bersama di sembilan MWCNU yang menjadi lokasi Safari Ramadhan.

 

Ketua PCNU Poso, Sutami M Idris, mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu program PCNU Poso. Karena itu, ia  juga memberikan semangat kepada para dai yang terjun ke masyarakat untuk menyampaikan ceramah dengan bil hikmah, sejuk, dan tidak memprovokasi para jamaah.

 

Para mubaligh yang diturunkan adalah tim yang dianggap mampu mengemban tugasnya sebagai dai. Mereka telah melalui proses belajar, dan sebelum turun telah dilakukan proses penyamaan konsep dengan tema yang akan disampaikan.

 

“Tugas kita menyampaikan (dakwah) sesuai dengan Al-Qur’an, hadits, dan ajaran para ulama serta para kiai terdahulu,” jelasnya, Ahad (26/4). 

 

Baginya, Safari Ramadhan ini tanggung jawab keagamaan maupun kebangsaan yang tak akan pernah terhenti sepanjang masa dan hayat. “Sederhananya, ceramah dengan hikmah adalah ceramah yang membangkitkan semangat bagi pendengar untuk secara konsisten melakukan amal perbuatan yang bermanfaat baik bagi diri maupun bagi setiap makhluk di bumi ini,” ungkapnya.

 

Di jelaskan, konsep dakwah yang sejuk dalam Safari Ramadhan diarahkan pada seruan kalbu (hati) atau pribadi umat. Artinya, dakwah menekankan sifat-sifat mulia untuk menyeimbangkan hubungan baik antara pribadi dan makhluk hidup secara keseluruhan maupun hubungan manusia kepada Allah SWT. Hal itu juga sesuai dengan spirit Ramadhan yang sesungguhnya.


“Orientasinya adalah adanya pemahaman kesadaran umat atau warga akan pentingnya iman, takwa, dan Tri Kerukunan,” imbuhnya.

 

Acara Safari Ramadhan dipimpin langsung olehnya, bersama Rais Syuriyah NU, dan Katib Syuriyah NU. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Banom NU, seperti GP Ansor, ISNU, Fatayat NU dan Muslimat NU serta MWCNu terdekat maupun Banom Alkhairat dan Banaat.

 

Diketahui, Safari Ramadhan PCNU Poso dimulai dari Kecamatan Lage, Poso Kota, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Poso Pesisir, Poso Pesisir Selatan, Poso Pesisir Utara, Pamona Selatan, Pamona Timur, Pamona Utara, dan akan ditutup di Kecamatan Lore Utara.

 

Kontributor: Ahmad Saeful

Editor: Kendi Setiawan

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link