Maahad Al Musthofa Mobile

Jember, NU Online

Dalam rangka menyambut peringatan Isra’ Mi’raj, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kaliwates, Kabupaten Jember Jawa Timur melakukan aksi sosial berupa bersih-bersih mushala, Rabu (10/3). Aksi terpuji yang bertajuk Gerebek Mushala tersebut menyasar mushala di hampir semua Ranting Ansor se-Kecamatan Kaliwates.


Menurut Ketua PAC GP Ansor Kaliwates, Kabupaten Jember, M Salman Al Farisi, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mushala. Katanya, kebersihan tempat  ibadah, sangat diperlukan bukan hanya untuk memberikan keindahan, dan enak dipandang tapi juga bisa meningkatkan kekhusyukan orang yang beribadah.


“Kalau tempatnya bersih, shalat enak dan tenang,” jelasnya di mushala Mbah Shiddiq, Kaliwates, Jember, Rabu (10/3).


Ia menambahkan, kegiatan sosial tersebut akan dilanjutkan lagi beberapa hari menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Saat Ramadan, lanjutnya, kegiatan di mushala lebih ramai dibanding biasanya karena dijadikan tempat shalat isya dan taraweh. Bahkan mushala juga dibuat untuk tempat tadarus.


“Karena itu, kita ingin berpartisipasi agar mushala bersih, sehingga jamaah shalat tarawih kerasan,” ucapnya.


Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Salman mengaku memberi pelatihan terlebih dahulu kepada para relawan (Banser), khususnya terkait dengan masalah thaharah (suci). Sehingga dalam melakukan tugasnya, para relawan tidak hanya menjaga kebersihan mushala tapi juga memperhatikan kesuciannya.


“Inginnya mushala bersih dan suci. Sebab yang bersih belum tentu suci,” ungkapnya.


Aksi bersih-bersih mushala itu dimulai dari  mushala Mbah Shiddiq (KH Muhammad Shiddiq) yang terletak di kompleks pemakaman Mbah Siddiq, Condro, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Di situ para relawan berkumpul dan berdoa agar kegiatan itu diberi kelancaran oleh Allah. Setelah itu lalu membersihkan mushala tersebut, dilanjutkan ke mushala Abu Salim Kebon Agung, Nurut Taqwa Sempusari, Sabilillah Mangli, Al-Amin Tegalbesar, dan mushala Fathurrahman,  Jember Kidul.


Salman menegaskan, kegiatan tersebut juga untuk melatih para relawan dan anggota Banser Kaliwates agar mempunyai kepedulian sosial sekaligus kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.


“Sebagai pemuda kita perlu memupuk jiwa sosial kita, baik sesama Ansor maupun masyarakat agar tercipta kehidupan yang guyup dan saling bantu,” pungkasnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq

Editor: Muhammad Faizin

Maahad Al Musthofa Mobile

Source link