Berita

Satgas Covid-19 NU Imbau Masyarakat Segera Dapatkan Vaksin Booster

Al-Musthofa Publication Satgas Covid-19 NU Imbau Masyarakat Segera Dapatkan Vaksin Booster

Jakarta, NU Online

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Covid-19 dr Muhammad Makky Zamzami mendorong masyarakat untuk segera dapatkan vaksinasi primer dua dosis dan booster. Hal ini mengingat kasus positif Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan secara signifikan. Data per 3 Februari 2022 mencatat konfirmasi positif di Indonesia menembus angka 27.197 kasus.

 

“Program booster perlu juga untuk pencegahan karena itu akan menghambat laju penularan semakin tinggi,” katanya saat dihubungi NU Online, Jumat (4/2/2022).

 

Senada, Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dr Syahrizal Syarif turut mengimbau masyarakat untuk secepatnya menerima booster.

 

“Saya menganjurkan masyarakat kalau sudah ada kesempatan booster, booster secepatnya,” katanya.

 

Sebelumnya, Wakil Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) periode 2015-2021 dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein menyebut pemberian vaksin booster merupakan bentuk pencegahan dari ancaman serangan Covid-19, termasuk varian Omicron.

 

Ia mengatakan, pemberian vaksinasi booster merupakan upaya meningkatkan kembali status kekebalan tubuh seseorang maupun komunitas usai pemberian dua dosis vaksin primer.

 

“Vaksin booster Covid-19 terbukti meningkatkan status kekebalan tubuh baik individu maupun masyarakat (bila diselenggarakan secara masif). Hal ini terkait dengan proteksi vaksin dosis 1 dan 2 yang relatif berkurang setelah rerata 8 bulan dan adanya varian virus SARS-CoV-2 yang bermunculan,” terangnya.

 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi memulai penyelenggaraan vaksinasi booster pada 12 Januari 2022 lalu. Vaksinasi Booster memiliki sasaran masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas kelompok lanjut usia dan penderita imunokompromais.

 

Pelaksanaan vaksinasi booster bagi sasaran lansia dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota. Sementara sasaran non-lansia, dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70 persen dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60 persen.

  

Data vaksinasi Covid-19 per 3 Februari 2022 mencatat sebanyak 185.809.642 populasi penduduk Indonesia atau sebesar 89,22 persen dari target sasaran 208.265.720 juta jiwa telah menerima vaksinasi dosis 1. Sebanyak 185.809.642 atau sebesar 62,31 persen telah menerima vaksinasi dosis 2 dan sebesar 4.959.264 orang telah menerima vaksinasi dosis 3.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa

Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Satgas Covid-19 NU Imbau Masyarakat Segera Dapatkan Vaksin Booster

Al-Musthofa Publication Satgas Covid-19 NU Imbau Masyarakat Segera Dapatkan Vaksin Booster

Source link