Berita

Satgas NU Peduli Covid-19 Gelar Lomba Foto dan Video Jurnalisme Warga

Al-Musthofa Publication Satgas NU Peduli Covid-19 Gelar Lomba Foto dan Video Jurnalisme Warga

Jakarta, NU Online

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19 menggelar lomba foto dan video ‘Citizen Journalism’ bertema “Peran NU di Masyarakat dalam Upaya Penanganan Covid-19”. Pendaftaran dibuka pada 1-17 Oktober 2021. 

 

Lomba yang tidak dipungut biaya atau gratis ini, merupakan lomba foto dan video dokumentasi kegiatan sekaligus lomba penulisan artikel yang berisi informasi terkait penanganan Covid-19 di lingkungan Nahdlatul Ulama dengan total hadiah yang dipersembahkan sebesar Rp 10 juta. 

 

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dr Muhammad Makky Zamzami, mengatakan bahwa perlombaan tersebut merupakan wujud peran Satgas NU untuk mengkoordinir momen perjuangan warga Nahdliyin selama menangani pandemi. 

 

“Kami di Satgas NU kan, mungkin hanya segelintir saja info yang masuk ke kami dibanding perjuangan-perjuangan struktural maupun masyarkat NU dalam menanggulangi Covid. Kita berharap ada beberapa hal yang tidak kita bayangkan, gitu. Ternyata NU sudah (menangani pandemi Covid) di sini-sana. Nanti kan, ada foto dan video yang pasti akan sangat luar biasa sekali,” tutur Makky kepada NU Online, Rabu (3/10/2021).

 

Selain itu, katanya, perlombaan tersebut juga ditujukan sebagai media untuk menyiarkan kebaikan, sebagaimana pesan dari Ketum PBNU, Buya Said sapaan hangatnya.

 

“Kata Buya Said, bahwa hal sekecil apapun yang (ditujukan untuk) mensyiarkan kebaikan, terutama untuk NU dan masyarakat, harus di-blow up. Jadi, inilah wujud promotif kita untuk semua warga NU,” terangnya. 

 

Syarat dan ketentuan

Peserta lomba terbagi ke dalam dua kategori, yakni perorangan dan perwakilan lembaga internal NU. Pengiriman karya (foto/video) terhitung sejak 1-17 Oktober 2021. 

 

Peserta mendaftarkan diri ke panitia melalui mekanisme scan barcode yang telah dirilis oleh panitia. Peserta mengunggah file foto/video beserta artikel ke google drive masing-masing dan mencatumkan linknya saat pendaftaran, atau bisa langsung mengirim ke email nupedulicovid19@gmail.com dengan subjek “Nama_Lomba Foto NU Peduli Covid-19”. 

 

Foto dan video yang dilombakan adalah hasil dokumentasi dari kegiatan penanggulangan Covid-19 yang dilakukan oleh kader/lembaga NU selama pandemi Covid-19 rentang tahun 2020–2021. Artikel foto setidaknya memuat unsur-unsur jurnalisme. Menyertakan unsur lambang NU di setiap karya akan mendapat poin tambahan. 

 

Foto dan artikel yang terkirim sepenuhnya menjadi hak panitia. Foto dan video kemudian akan diunggah oleh panitia ke setiap akun media sosial milik Satgas NU Peduli Covid-19. Peserta dipersilakan mendulang “Like”, “Komen”, dan “Share” sebanyak-banyaknya sebagai poin tambahan pada penilaian. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Foto terbaik akan dipajang di gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada 18-22 Oktober 2021. Pengumuman pemenang akan dilangsungkan pada 22 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB, dalam acara webinar ‘’Peringatan Hari Santri Nasional’.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indipasha

Editor: Kendi Setiawan

​​​​​

Al-Musthofa Publication Satgas NU Peduli Covid-19 Gelar Lomba Foto dan Video Jurnalisme Warga

Source link