Berita

Selama Idul Adha, Pemerintah Oman Lockdown Total dan Tak Gelar Shalat Id 

Al-Musthofa Publication Selama Idul Adha, Pemerintah Oman Lockdown Total dan Tak Gelar Shalat Id 

Muscat, NU Online

Pemerintah Kerajaan Oman akan melakukan lock down penuh selama tiga hari tepat pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20-22 Juli 2021. Kebijakan ini akan diawali dengan penerapan pembatasan pergerakan masyarakat mulai Jumat (16/7) dari pukul 5 sore hingga  4 pagi. 

 

Oman Observer juga melaporkan, Komite Tertinggi Oman memutuskan untuk tidak menggelar shalat Idul Adha berjamaah serta menutup pasar tradisional Habta.

 

Polisi Kerajaan Oman (ROP) menyampaikan terima kasih kepada warga dan penduduk Oman atas kepatuhan mereka terhadap keputusan Komite Tertinggi negara tersebut dalam rangka penanganan Covid-19. Terima kasih juga disampaikan atas kontribusi masyarakat yang berkomitmen dalam mencegah penurunan epidemi dan penurunan jumlah orang yang terinfeksi virus

 

“Berharap semua orang menghabiskan waktu terbaik bersama keluarga mereka selama periode Idul Adha,” demikian pernyataan ROP seperti dikutip dari laman Times of OmanKamis (15/7).

 

Polisi Kerajaan Oman pun telah mengkonfirmasi kesiapannya untuk menerapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk keselamatan masyarakat. Hal ini dilakukan dengan kehadiran dan kesiapan kepolisian di seluruh wilayah yang akan melaksanakan keputusan Komite Tertinggi ini. Kehadiran pihak kepolisian ini juga dalam rangka menjaga keamanan dan menyebarkan perdamaian serta ketenangan.

 

Sementara untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan memfasilitasi kondisi darurat, Kepolisian Oman bagian darurat akan beroperasi selama periode lockdown. Elemen terkait juga dilibatkan seperti sektor kesehatan, kota, pariwisata, transportasi, komunikasi, teknologi informasi, perumahan dan bantuan, pertanian, perikanan, sumber daya air, dan perdagangan dan industri.

 

Pusat darurat akan bekerja 24 jam menerima laporan terkait perkembangan selama pembatasan kegiatan dan lockdown. Jika ada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat selama lockdown, Pusat darurat akan bergerak menangani dan memberikan fasilitas sesuai dengan kasus darurat yang dihadapi.

 

Polisi Kerajaan Oman juga meminta warga dan penduduk untuk terus mematuhi arahan dan keputusan yang dikeluarkan oleh Komite Tertinggi. Kepolisian juga meminta masyarakat untuk bekerjasama dengan otoritas terkait selama penerapan pembatasan kegiatan dan lockdown ini demi menjaga keselamatan dan kesehatan semua.

 

Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Selama Idul Adha, Pemerintah Oman Lockdown Total dan Tak Gelar Shalat Id 

Source link