Berita

Seribu Kali Khataman Qur’an, Ikhtiar Muktamar Barakah dan Lancar

Al-Musthofa Publication Seribu Kali Khataman Qur’an, Ikhtiar Muktamar Barakah dan Lancar

Bandarlampung, NU Online

Agenda besar Nahdlatul Ulama yakni Muktamar Ke-34 akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Provinsi Lampung. Selain ikhtiar lahir dengan terus menyiapkan segala sarana dan prasarana, ikhtiar batin juga terus dilakukan warga NU khususnya di Provinsi Lampung. Di antara ikhtiar agar forum permusyawaratan tertinggi NU ini bisa berjalan dengan lancar adalah dengan menggelar semaan kubro dan seribu kali khataman Al-Qur’an.


Agenda besar ini digawangi oleh salah satu organisasi badan otonom yang menaungi para hafidz dan hafidzah yakni Jam’iyyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Provinsi Lampung. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Ahad (5/12/2021) dan dipusatkan di Pondok Pesantren Darussa’adah lampung Tengah yang akan menjadi tuan rumah Pembukaan Muktamar Ke-34 NU.


Ketua PW JQH NU Lampung KH Ahmad Rofi’uddin Mahfudz mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan wujud suka cita dengan menggelar sebuah kegiatan Pra-Muktamar. Kegiatan ini diperuntukkan untuk seluruh umat Islam dengan minimal khatam satu kali per peserta atau kelompok.


“Kami mengajak kepada pimpinan pondok pesantren, pimpinan lembaga pendidikan Islam baik ditingkat dasar, menengah hingga tinggi, pimpinan lembaga NU dan badan otonom NU baik dari tingkat cabang, wilayah hingga pusat,” katanya dalam rilis yang diterima NU Online, Selasa (9/11/2021).


Selain dilaksanakan secara offline, kegiatan ini juga akan dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom yang tautannya akan dikirimkan kepada peserta melalui grup Whatsapp. Direncanakan tokoh nasional akan berpartisipasi melalui aplikasi zoom di antaranya Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Rais Majelis Ilmi PP JQHNU KH Ahsin Sakho Muhammad, dan Ketua Umum PP JQHNU KH Saifullah Ma’shum.


Kegiatan khataman bisa dilakukan secara individu atau berjamaah dengan mendaftarkan identitas diri melalui tautan: https://bit.ly/pendaftaransemaankubro . Para peserta yang mendaftarkan diri akan mendapatkan E-sertifikat. Pendaftaran peserta akan ditutup pada 1 Desember 2021.

 


Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung menyambut baik kegiatan yang penuh berkah ini. “Saya senang sekali dengan rencana Semaan Al-Quran Kubro ini. Karena ini, Insyaa Allah untuk mendinginkan suasana muktamar di Provinsi Lampung sukses dunia akhirat. Terlaksana dengan baik, sesuai harapan semua warga NU,” katanya dikutip dari NU Online Lampung.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Seribu Kali Khataman Qur’an, Ikhtiar Muktamar Barakah dan Lancar

Source link