Berita

Siswa 3 Sekolah di Jaksel Terima Bantuan Kacamata LAZISNU PBNU

Al-Musthofa Publication Siswa 3 Sekolah di Jaksel Terima Bantuan Kacamata LAZISNU PBNU

Jakarta, NU Online

Para siswa di tiga sekolah di Jakarta Selatan turut menerima bantuan kacamata gratis dari LAZISNU PBNU.Ketiga sekolah tersebut adalah SDN 05 Grogol Selatan, SDN 05 Grogol Utara, dan SDI Teladan Al-Ittihad. Sebanyak 500 kacamata dibagikan di tiga sekolah itu pada Rabu (16/11/2022).

Manajer Pendistribusian LAZISNU PBNU, Dewi Rochmawati mengatakan salah satu alasan pembagian kacamata adalah pembelajaran daring yang sudah dilakukan selama 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19, ternyata menimbulkan masalah penglihatan bagi siswa. Kehadiran LAZISNU PBNU dengan membagikan kacamata gratis kepada siswa, diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan tersebut.

Dewi Rochmawati menjelaskan program ini merupakan implementasi kerja sama LAZISNU PBNU dengan Indomaret dalam program Penghimpunan Donasi Pelanggan Indomaret. Penyaluran kacamata di Jakarta Selatan adalah bagian dari pembagian 2.500 kacamata ke lima titik sasaran.

“Jika dilakukan secara bersama-sama dan kolektif akhirnya bisa menghadirkan 2.500 kacamata kepada siswa. Jadi, dari masyarakat untuk masyarakat,” imbuh Dewi.

Sebelum penyaluran bantuan kacamata ini, dilakukan pemeriksaan kesehatan mata siswa. Ketua Tim Pemeriksa Kacamata dari Indomaret, Leon mengaku prihatin ketika mendapati banyak siswa yang mengalami masalah pada matanya.

“Ya, banyak siswa yang terkoreksi memiliki minus dan silinder. Ada yang sampai minus 7, dan si anak tidak menyadari sebelumnya,” jelas Leon.

Kepala SDN Grogol Utara 05 Pagi, Muhani membenarkan banyak siswa yang memiliki masalah penglihatan, namun memilih untuk tidak menggunakan kacamata. Alasan utamanya adalah latar belakang keluarga siswa yang kebanyakan berasal dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

“Sebetulnya banyak orang tua yang minta anaknya duduk di depan. Beberapa anak sudah enggak melhat pelajaran di papan tulis kalau duduk di belakang,” kata Muhani.

Kacamata yang diberikan tak hanya untuk mengatasi minus dan silinder. Tim pengadaan kacamata juga melengkapinya dengan antiradiasi. Hal ini bertujuan untuk melindungi mata siswa ketika screen time. 

“Seneng banget. Kita juga bisa milih frame yang kita suka,” ungkap salah satu siswi yang mendapat kacamata. 

Public Relation Manager Indomaret, Piter Sim mengungkapkan pembagian kacamata gratis untuk siswa adalah upaya untuk turut memajukan pendidikan anak bangsa.

“LAZISNU PBNU dan Indomaret sangat aware terhadap pendidikan dan kesehatan,” tutur Piter.

Piter berharap pelajar Indonesia dapat belajar maksimal dan tidak terganggu penglihatannya.

Program pembagian kacamata ini dilakukan di lima titik yaituKota Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Jakarta Selatan. Selain untuk pembagian kacamata, hasil donasi dari pelanggan Indomaret juga disalurkan bersama LAZISNU-PBNU dalam bentuk bantuan renovasi sekolah dan pesantren di Indonesia.

Editor: Kendi Setiawan
 

Al-Musthofa Publication Siswa 3 Sekolah di Jaksel Terima Bantuan Kacamata LAZISNU PBNU

Source link