Berita

Songsong Harlah Ke-96 NU, Ansor Lampung Timur Siapkan Enam Agenda

Al-Musthofa Publication Songsong Harlah Ke-96 NU, Ansor Lampung Timur Siapkan Enam Agenda

Lampung Timur, NU Online

Jajaran Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, siap menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyongsong Hari Lahir (Harlah) ke-96 Nahdlatul Ulama yang jatuh pada 31 Januari 2022 mendatang.


Hal tersebut disampaikan Ketua PC GP Ansor Lamtim,  HM Muslih, pada rapat pleno PC GP Ansor Lamtim yang dilaksanakan di Rumah Makan Ayam Desa Kecamatan Way Jepara, Selasa (18/1/2022) malam.


“Sebagai bagian dari kader muda NU Lampung Timur, kami seluruh kader GP Ansor Lampung Timur akan selalu menjaga nilai-nilai kearifan dan keluhuran agama Islam Aswaja an Nahdliyyah yang washatiyah ini dengan berbagai cara.  Di antaranya menjaga dan merawat sejarah,” katanya kepada NU Online, Jumat.


HM Muslih menambahkan bahwa NU lahir setidaknya karena dua hal. Pertama, kesediaan menjaga, melestarikan, dan mengamalkan Islam Aswaja an-Nahdliyyah yang rahmatan lil ‘alamin.


“Kedua, kesediaan menjaga dan membangun peradaban melalui sistem ketatanegaraan yang baik. Sejarah ini tak boleh dibiarkan atau dilupakan, maka memperingati kelahiran Nahdlatul Ulama ini bagi kami bukan sekedar mengingat sejarah. Akan tetapi juga meneguhkan harakah (gerakan),” tandasnya.


Berbagai kegiatan yang diagendakan antara lain Rakercab II PC GP Ansor Lampung Timur, dan halaqah kader menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama yang bakal diisi oleh Instruktur Nasional Kaderisasi PP GP Ansor, KH Aunullah Ala Habib, tokoh muda NU Jawa Tengah sekaligus Katib Syuriyah PBNU masa khidmah 2022-2027.


“Kedua acara tersebut dilaksanakan di kompleks Pesantren Al-Falah Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur pada 25-26 Januari 2022 mendatang,” tambah alumnus Pesantren Darul A’mal Kota Metro ini.


Ketiga, lanjut dia, adalah bakti sosial yang dijadwalkan pada 29 Januari 2022 di tepi laut seputaran Lampung Timur. Sejumlah bibir pantai Lamtim akan menjadi titik sasaran baksos.


“Untuk kegiatan aksi sosialnya masih kita koordinasikan dengan para pengelola pantai.  Tak kalah penting juga bakti sosial yang akan kami laksanakan di kantor PCNU Lampung Timur,” tambahnya.


Keempat, pihaknya akan mengelar 96 kali Khatmil Qur’an oleh seluruh kader GP Ansor se-Lamtim. Kelima, Pagelaran Gitar Tunggal yang diagendakan pada 31 Januari 2022 di komplek Pesantren Darul Fattah Kecamatan Way Bungur, Lampung Timur,” imbuhnya lagi.


Dipilihnya Pagelaran Gitar Tunggal ini, kata dia, selain mengangkat dimensi kearifan lokal adat budaya Lampung juga dimaksudkan sebagai bukti keseriusan para kader muda NU Lampung Timur yang tergabung dalam GP Ansor dalam menjaga adat dan tradisi yang baik.


“Sebagaimana motto perjuangan kami, yakni al-muhafadhatu alal qadimisshalih wal ahdu bil jadidil ashlah (Menjaga warisan budaya lama yang baik. Tetapi juga selalu update dan menerima peradaban baru yang lebih baik,” tuturnya.


“Keenam, giat partisipatif. Kami sebagai kader GP Ansor siap berpartisipasi aktif dalam setiap program yang diagendakan PCNU Lampung Timur dalam memperingati Harlah ke-96 NU tahun 2022 ini,” tutupnya.


Kontributor: A Syarief Kurniawan

Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Songsong Harlah Ke-96 NU, Ansor Lampung Timur Siapkan Enam Agenda

Al-Musthofa Publication Songsong Harlah Ke-96 NU, Ansor Lampung Timur Siapkan Enam Agenda

Source link