Berita

Tak Hanya Cegah Kanker, Ini Dia 7 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Al-Musthofa Publication Tak Hanya Cegah Kanker, Ini Dia 7 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Jakarta, NU Online
Timun suri merupakan salah satu buah yang identik dengan bulan suci Ramadhan. Timun suri biasa dijadikan bahan campuran pada sajian segar sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Tak hanya menawarkan kesegaran, timun suri juga kaya akan kandungan gizi dan segudang manfaat yang baik bagi tubuh.

 

Mengutip repository.usm.ac.id, timun suri memiliki kandungan gizi yang penting untuk tubuh seperti protein, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan mineral berupa fosfor, kalium dan kalsium. Tak hanya daging buahnya semata, biji timun suri pun juga dapat diolah lebih lanjut karena mengandung lemak, protein, dan vitamin C. Lantas, apa saja manfaat timun suri bagi kesehatan?

 

Pertama, mencegah timbulnya kanker. Buah yang memiliki nama ilmiah Cucumis Mel L Var Reticulatus Naudin ini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kekebalan tubuh sangat penting karena berfungsi melawan infeksi yang mengancam kesehatan. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah timun suri berperan penting dalam meningkatkan sistem imun dengan cara menetralkan dan mengikat zat-zat radikal bebas.

 

Kedua, menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan air yang tinggi dalam timun suri  dapat meningkatkan efektivitas sistem pencernaan menjadi lebih baik.

 

Ketiga, membantu mencukupi cairan tubuh. Tingginya kandungan air pada timun suri dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh yang hilang selama puasa.

 

Keempat, menurunkan risiko berbagai penyakit. Timun suri juga tinggi kaya akan vitamin C. Vitamin C ini dapat mencegah timbulnya gangguan berbagai penyakit seperti penyakit flu dan infeksi. Hal ini karena sifat vitamin C yang berfungsi sebagai antivirus dan pencegah infeksi. Selain vitamin C, timun suri juga diperkaya oleh mineral esensial seperti kalsium fosfor dan zat besi.

 

Kelima, mengatasi anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana kadar hemoglobin lebih rendah dari nilai standar normal. Zat besi pada timun suri merupakan kandungan penting untuk mengatasi kondisi anemia.

 

Keenam, mencegah risiko terjadinya kanker. Timun suri kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat mempertahankan fungsi sel dan mencegah timbulnya kanker. Selain itu senyawa saponin dalam timun suri juga diketahui dapat membantu mencegah dan menghambat risiko pertumbuhan kanker.

 

Ketujuh, mencegah terjadinya penurunan daya ingat atau alzheimer. Vitamin K yang tinggi dalam timun suri dapat membantu mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi

Al-Musthofa Publication Tak Hanya Cegah Kanker, Ini Dia 7 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Source link