Berita

Tak Hanya Nastar, Ini Aneka Kue Khas Lebaran. Mana Favoritmu?

Al-Musthofa Publication Tak Hanya Nastar, Ini Aneka Kue Khas Lebaran. Mana Favoritmu?

Jakarta, NU Online
Umat Islam di seluruh dunia kini tengah mempersiapkan banyak hal guna menyambut datangnya bulan Syawal, tak terkecuali di Indonesia. Ada beragam hal yang dipersiapkan khususnya oleh kaum Muslim Indonesia untuk menyambut Lebaran. Mulai dari membeli baju baru hingga menyiapkan hidangan khas, termasuk kudapan kue kering.

Berlebaran di Indonesia sangat lekat dengan jamuan kue kering. Sebagai salah satu simbol perayaan, menyediakan kue kering di meja tamu dapat menghidupkan suasana Lebaran. Sedikitnya, ada 5 kue lebaran populer yang selalu ada dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia yang dirangkum NU Online.

1. Nastar
Nastar merupakan salah satu kue primadona yang tidak pernah absen disuguhkan di meja tamu rumah saat perayaan Lebaran. Cita rasanya yang cukup unik menjadikan nanas sebagai kue favorit banyak orang.

Kue yang identik dengan isian selai nanas ini bertekstur lembut. Dengan sedikit rasa manis-asam dari selai nanas di dalamnya, membuat nastar tak cukup berhenti dalam sekali gigitan.

2. Putri Salju
Kue putri salju tak kalah lezat dengan nastar. Kue kering yang umumnya berbentuk bulan sabit ini menjadi kegemaran banyak orang. Kue bertekstur lembut ini juga dilengkapi dengan taburan gula putih halus dingin.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue putri salju terdiri dari butter, tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, kacang mete, dan gula putih halus. Setelah semua bahan tercampur, adonan kemudian dipanggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 40 menit.

3. Sagu Keju
Tak kalah populer, kue sagu keju identik sebagai kue Lebaran. Sesuai namanya, kue sagu keju terbuat dari tepung sagu dan keju. Kue kering satu ini memiliki rasa manis yang pas dan tekstur lembut yang meleleh di mulut. Hal ini menjadikan kue sagu sebagai kue andalan yang selalu ada saat Lebaran.

4. Kastengel
Kue primadona kali ini adalah kastengel. Rasanya yang gurih dan lembut menjadikan kastengel sebagai kegemaran banyak orang. Kue berbentuk seperti stik tebal ini termasuk kue yang populer sebagai sajian di hari raya.

Kastengel sendiri terbuat dari bahan dasar keju dan dipanggang hingga warnanya kuning keemasan. Kue ini memiliki panjang kurang lebih 4 cm dengan lebar 1 cm.

5. Semprit mawar
Selain 4 kue di atas, kini ada kue semprit mawar. Bentuk dari kue semprit memang sangat cantik menyerupai bunga merekah. Kue semprit mawar biasanya disertai dengan choco chip ataupun ini selai nanas di bagian tengahnya. Selain memiliki cita rasa yang manis, kue semprit mawar juga sangat renyah.

Itu tadi 5 kue kering khas lebaran. Mana Favoritmu?

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Tak Hanya Nastar, Ini Aneka Kue Khas Lebaran. Mana Favoritmu?

Source link