Berita

Tangani Kaderisasi Formal, Gus Ulil Sebut Lakpesdam Memasuki Era Baru

Al-Musthofa Publication Tangani Kaderisasi Formal, Gus Ulil Sebut Lakpesdam Memasuki Era Baru

Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (PP Lakpesdam NU) menggelar serah terima jabatan dari periode 2015-2021 kepada pengurus baru 2022-2027. Acara ini dilaksanakan di Gedung PBNU 2, Matraman Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Dalam sambutanya, Ketua Lakpesdam PBNU, Ulil Abshar Abdalla atau Gus Ulil  mengungkapkan, dalam sejarahnya Lakpesdam belum pernah diberi mandat untuk melakukan kaderisasi formal.

“Selama ini Lakpesdam bekerja dalam ritme yang tidak menyiapkan lembaga untuk melakukan kaderisasi formal seperti PKPNU dan MKNU. Ini benar-benar era baru Lakpesdam,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, mandat ini bukan hanya menyangkut kaderisasi yang terkait dengan kader NU pada umumnya tetapi juga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Selama ini Lakpesdam baru mengerjakan “Lak nya”. Sementara “Pesdam” nya ini belum terealisasi semua,” ungkap menantu Gus Mus ini.

“Memang sudah dilakukan misalnya kaderisasi ulama dan SDM lain, tetapi kaderisasi dan SDM seperti yang diinginkan oleh Ketum PBNU belum kita lakukan dan sekarang diserahkan kepada Lakpesdam. Ini era baru,” imbuhnya.

Gus Ulil menjelaskan penyerahan kaderisasi Nahdlatul Ulama (NU) kepada Lakpesdam bukanlah hal baru. Ia menyebut tugas ini seharusnya sudah ada sejak dahulu.

“Sebetulnya ini mengembalikan sesuatu kepada yang seharusnya. Ini tugas yang secara alamiah sudah ditugaskan kepada Lakpesdam. Jadi, ini bukan menerima sesuatu yang di luar pekerjaan pokok Lakpesdam,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap dalam melaksanakan tugasnya nanti bisa bekerjasama dengan Lakpesdam di berbagai daerah.

“Ini era baru. Saya mohon doa dan support-nya. Kita akan kerjasama karena Lakpesdam ini bukan lembaga yang  hubungannya bersifat komando. Saya kira kita akan terus berkoordinasi,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau agar Lakpesdam di berbagai daerah dapat mengikuti kebijakan baru dari pusat.

“Saya juga berharap kebijakan kaderisasi PBNU yang diserahkan kepada Lakpesdam Pusat ini dicerminkan juga di tingkat daerah. Meskipun pelaksanaannya nanti tergantung kepada situasi lokal sebab tidak ada model yang seragam,” ungkapnya.

Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Muhammad Faizin

Al-Musthofa Publication Tangani Kaderisasi Formal, Gus Ulil Sebut Lakpesdam Memasuki Era Baru

Source link