Berita

Tanpa Tunggu Pelantikan, PWNU DKI Jakarta 2021-2026 Bekerja untuk Kemanusiaan

Al-Musthofa Publication Tanpa Tunggu Pelantikan, PWNU DKI Jakarta 2021-2026 Bekerja untuk Kemanusiaan

Jakarta, NU Online

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. Beberapa agenda selama lima tahun ke depan telah dipersiapkan. Namun sebelum dilantik pun, PWNU DKI Jakarta sudah bekerja untuk kemanusiaan. 


Menurut Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma’arif, kegiatan-kegiatan kemanusiaan itu dilakukan lantaran NU sebagai organisasi sosial dan keagamaan memiliki tanggung jawab besar terhadap kehidupan masyarakat. Kiai Samsul menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerja sama dengan semua pihak, termasuk pemerintah, dalam persoalan-persoalan khusus seperti penanganan pandemi Covid-19. 


Salah satu kegiatan kemanusiaan di tengah pandemi yang dilakukan PWNU DKI Jakarta adalah mengadakan vaksinasi massal. Pada gelombang pertama, agenda vaksinasi telah dilakukan sembilan kali dan diikuti 10 ribu orang.


“Gelombang kedua dilaksanakan insya Allah 30 kali dan sekarang sudah berjalan kurang lebih 15 kali,” terang Kiai Samsul dalam sambutan pada agenda Pelantikan PWNU DKI Jakarta, di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (25/8/2021).


Di samping itu, pada pertengahan Juli 2021 lalu, PWNU DKI telah melakukan kegiatan kemanusiaan untuk membantu warga Jakarta yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Kegiatan yang dilakukan selama satu bulan ini diisi dengan menyuplai makanan kepada warga isoman sebanyak 2400 bungkus setiap harinya. 


Alhamdulillah panitia (kegiatan membantu warga) isoman, kemarin membuat laporan dan masih mempunyai saldo sisa Rp116 juta,” tutur Kiai Samsul, disambut gemuruh tepuk tangan hadirin. 


Kemudian, PWNU DKI Jakarta juga masih memiliki ikhtiar lain dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Disampaikan Kiai Samsul, pada pekan depan, pihaknya akan mengadakan donor plasma konvalesen secara massal.


“Panitia sudah bekerja, dan bekerja sama dengan PMI. Insyaallah akan melakukan donor plasma. Itulah barangkali sejumlah kegiatan. Mudah-mudahan Allah memberikan keselamatan kepada masyarakat DKI Jakarta dan masyarakat Indonesia seluruhnya,” pungkasnya.


Lomba Video Pendek Online

Dalam rangka menyukseskan agenda kemanusiaan berupa donor darah dan plasma konvalesen itu, PWNU DKI Jakarta menggelar lomba video pendek online dengan tema ‘Donor Plasma Selamatkan Nyawa’.


Periode lomba ini yang digelar secara gratis dan terbuka untuk umum ini akan ditutup pada 31 Agustus 2021. Sementara pengumuman pemenang dilakukan pada 5 September 2021. Juara pertama lomba video pendek ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp1,5 juta, juara kedua Rp1 juta, dan juara ketiga memperoleh Rp750 ribu.


PWNU DKI Jakarta telah menyiapkan berbagai syarat dan ketentuan lomba. Di antaranya, peserta wajib mengikuti akun Instagram resmi PWNU DKI Jakarta.


Selain itu, durasi video maksimal tiga menit berupa film pendek, testimoni, atau video kreatif lainnya. Video merupakan hasil karya sendiri dan tidak pernah diposting sebelumnya. Video yang diposting tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan kekerasan. 


Kemudian akun Instagram peserta lomba tidak diprivasi, mengunggah video di Instagram dengan menandai akun PWNU DKI Jakarta. Lalu menulis keterangan video (caption) semenarik mungkin dan sertakan tagar #ResolusiJihadKemanusiaan. Selanjutnya, me-mention tiga orang teman dan sebarkan sebanyak mungkin postingan tersebut untuk mendapatkan like terbanyak. 


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Alhafiz Kurniawan

Al-Musthofa Publication Tanpa Tunggu Pelantikan, PWNU DKI Jakarta 2021-2026 Bekerja untuk Kemanusiaan

Source link