Berita

Teladan Sosok Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Al-Musthofa Publication Teladan Sosok Khalifah Umar bin Abdul Aziz


Al-Musthofa Publication Teladan Sosok Khalifah Umar bin Abdul Aziz





Pada suatu malam ketika Khalifah Umar bin Abdul Aziz sedang menjalankan tugas pemerintahan, datang seorang pemuda untuk membicarakan persoalan keluarganya. Kemudian Khalifah Umar berkata kepada pemuda tersebut: “Padamkan lenteranya (alat penerangan di zaman dahulu), dan berceritalah.”

Beliau memilih memadamkan pencahayaan di ruangan tersebut bukan tanpa alasan. Hal ini karena sifat adil yang dimiliki oleh Khalifah dalam mengemban amanah sebagai Kepala Pemerintahan.

Beliau beranggapan bahwa minyak yang digunakan sebagai bahan bakar untuk menghidupkan lentera berasal dari Baitul Mall (harta umat Muslim pada saat itu), sehingga hanya dapat digunakan untuk kepentingan umat Muslim.

Pelajaran yang dapat diteladani adalah sikap kehati-hatian seorang pemimpin dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Pemimpin di sini bukan orang yang berada di lingkungan pemerintahan saja, namun bagi seluruh orang yang telah mendapat mandat sebagai pemimpin.

Sosok pemimpin yang adil selalu dapat membedakan harta yang ia miliki dan yang bukan. Menjauhi perbuatan syubhat dan mampu memposisikan pekerjaan yang sedang dijalankannya dengan baik.[]

Hikayah disarikan dari kitab At-Tibru al-Masbuk fi Nasihat al-Muluk.

Baca juga: Kebijaksanaan Khalifah Umar bin Abdul Aziz
Tonton Video: Sejarah dan Fadilah Tahlil | KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus


Al-Musthofa Publication Teladan Sosok Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Source link