Berita

Tumbangkan Portugal, Maroko Lolos ke Semifinal

Al-Musthofa Publication Tumbangkan Portugal, Maroko Lolos ke Semifinal

Jakarta, NU Online
Maroko kembali membuat kejutan dengan lolos ke semifinal. Tim berjuluk Singa Atlas ini berhasil menumbangkan Ronaldo cs dengan skor tipis 1-0 pada laga perempat final di Stadion Al Thumama, Qatar, Sabtu (10/12/2022).

Gol tersebut dilesakkan oleh Youssef En-Nesyri pada menit 42. Pemain bernomor punggung 19 itu berhasil melompat tinggi menyambut umpan Yahia Attiat Allah. Pemain bertahan sayap kiri itu langsung memberikan umpan tinggi ke kotak penalti dari sisi kanan pertahanan Portugal.

Umpan yang tak diduga-duga itu disambut baik oleh En-Nesyri dengan sundulannya. Diogo Costa pun juga mengejar bola tinggi itu guna bermaksud menepisnya. Namun sayang, Nesyri lebih dulu membelokkan arah bola ke gawang yang sudah kosong itu.

Melihat gol itu, Ronaldo yang masih di bangku cadangan langsung membuang udara dari mulutnya. Ekspresinya itu tampak dari kamera siaran.

Sejak awal, Maroko memang tampil dengan percaya diri. Dengan gaya bertahan, ia memanfaatkan serangan balik cepat dengan umpan jauh.

Penguasaan bola Portugal mencapai 74 persen. Namun, barisan pertahanan Maroko yang sangat rapat tak mampu ditembus oleh tim asuhan F Fernandes do Costa Santos itu.

Tidak hanya pemain bertahan yang berjibaku menahan gempuran Bruno Fernandes, Joao Felix, dan Goncalo Ramos, tetapi juga pemain di lini tengah dan depan Maroko turun guna membantu menjaga pertahanan mereka.

Dengan persentase penguasaan bola yang sedikit, Maroko mampu menyamai jumlah tembakan ke gawang, yaitu tiga. Bahkan salah satunya berhasil, sedang Portugal sampai detik terakhir nihil.

Sayangnya, kemenangan Maroko ini diwarnai dengan kartu merah Walid Cheddira, penyerang, pada menit 90+3.

Kemenangan Maroko ini juga tidak lepas dari apiknya penampilan Yassine Bounou di bawah mistar gawang. Dari empat penampilannya selama Piala Dunia 2022, tiga di antaranya dijalani dengan tanpa kebobolan. Satu pertandingan ia kebobolan karena gol bunuh diri kawannya saat melawan Kanada.

Seperti pertandingan sebelumnya, Achraf Hakimi kembali mendekati ibunya di tribun. Ia datang untuk saling memeluk dan mencium tanda kasih mereka.

Maroko bakal melawan pemenang hasil pertandingan antara Prancis dan Inggris yang digelar pada Ahad pukul 02.00 dini hari.

Dikutip dari Google, laga ini menjadi pertemuan ketiga antara Maroko dan Portugal. Dua pertemuan sebelumnya terjadi di Piala Dunia. Maroko memenangkan pertemuan pertamanya pada fase grup 1986 dengan skor 3-1. Portugal juga pernah menang atas Maroko dengan skor 1-0 pada turnamen tahun 2018 yang juga terjadi di fase grup.

Cetak sejarah
Maroko mengukir sejarah dengan menjadi wakil Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia. Ketiga wakil Afrika sebelumnya hanya mencapai perempat final. Di fase itu, mereka gugur. Tiga negara ini adalah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010.

Sebelumnya dalam Piala Dunia 2022 Qatar, Maroko tampil sangat meyakinkan karena lolos pada fase Semi Final dengan tidak terkalahkan. Ia memenangi empat laga dari lima laga yang dijalaninya. Satu laga lainnya berakhir seri dengan skor kacamata saat melawan Kroasia.

Pelatih Maroko, Walid Regragui, juga bakal menjadi pelatih asal Afrika pertama yang menangani tim di semi final Piala Dunia.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Tumbangkan Portugal, Maroko Lolos ke Semifinal

Source link