Berita

Ulama Aceh Bekerja Sama dengan UNICEF Gelar Lokakarya Kesehatan

Al-Musthofa Publication Ulama Aceh Bekerja Sama dengan UNICEF Gelar Lokakarya Kesehatan

Pidie, NU Online
Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) atau Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa menggelar lokakarya kesehatan bersama para ulama dan pimpinan dayah selama dua hari di Aula Pidie Hotel, Jumat-Sabtu (18-19/3/2022).

Koordinator pelaksana yang juga Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Aceh, Tgk Iskandar Zulkarnaen, mengatakan bahwa lokakarya tersebut berupaya mendorong peningkatan cakupan imunisasi rutin di masyarakat.

Menurut Tgk Iskandar, lokakarya ini memperkuat pemahaman tentang budaya hidup bersih dan sehat dalam masyarakat. Selain itu, juga pemahaman dan pengetahuan tentang mitigasi dan penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah acara lancar. Para teungku dan pimpinan dayah antusias mengikuti workshop kesehatan tersebut. Kami berharap ini dapat menghasilkan outcome peningkatan awareness di kalangan dayah dan  masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, lokakarya ini diharapkan menjadi target atau capaian kegiatan. Di antaranya sebagai penguatan pemahaman para ulama dayah di kabupaten/kota terkait pentingnya peran tokoh agama dan ulama dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk menjaga kesehatan.

“Kami berharap digelarnya acara ini bisa menemukan strategi komunikasi dan koordinasi secara berkelanjutan antara ulama, HUDA, MPU, Dinas Pendidikan Dayah, Dinas Kesehatan, serta pihak terkait dalam isu kesehatan guna mencegah masyarakat terpapar informasi hoaks,” papar Dosen Unimal Lhokseumawe ini.

Lebih lanjut, Tgk Iskandar menyebutkan acara ini juga bertujuan terekomendasinya langkah bagi peran tokoh agama dan pemerintah terkait kesehatan masyarakat, terutama untuk komunitas dayah di Aceh. 

Ia berharap pascalokakarya ada tindak lanjut dari para teungku dan ulama pimpinan dayah dalam menyosialisasikan materi yang disampaikan dalam lokakarya. Terpenting implementasi di lapangan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

“Kami sangat berharap adanya kerja sama, partisipasi, dukungan, dan bantuan dari berbagai pihak, sehingga apa yang telah bahas dan diprogramkan serta direkomendasi dalam workshop terlaksana dengan baik,” pintanya.

Lokakarya kesehatan tingkat provinsi ini menghadirkan beberapa pemateri, yakni Ketua PB HUDA Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab (Tusop), Tgk H Hasbi Albayuni (MPU Aceh), Tgk Marbawi Yusuf (Majelis Akreditasi Dayah), dan pemateri dari Dinkes Provinsi Aceh dan Dinkes Kabupaten Pidie.

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Musthofa Asrori

Al-Musthofa Publication Ulama Aceh Bekerja Sama dengan UNICEF Gelar Lokakarya Kesehatan

Source link