Berita

Umat Lintas Agama Bantu Kesuksesan MTQ Ke-49 Lampung 

Al-Musthofa Publication Umat Lintas Agama Bantu Kesuksesan MTQ Ke-49 Lampung 

Mesuji, NU Online

Ada yang berbeda pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-49 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2022 di Kabupaten Mesuji, Sabtu (3/12/2022) malam. Bukan hanya dipersiapkan oleh umat Islam, kegiatan akbar ini juga mendapatkan dukungan dari umat Lintas Agama.

Tokoh lintas agama dari berbagai agama juga hadir pada acara pembukaan acara tersebut. Di antara yang hadir adalah tokoh umat Kristen, Hindu, Budha, dan Aliran Kepercayaan.

“Ini kali pertama umat lintas agama hadir secara fisik dan (membantu) material pada perhelatan MTQ,” kata Penjabat Bupati Mesuji Supalkar saat memberi sambutan selamat datang pada acara pembukaan yang digelar sangat meriah.

Pada kesempatan tersebut, Supalkar memanggil dan meminta kepada para tokoh agama tersebut untuk memperkenalkannya pada seluruh yang hadir. Tepuk tangan pun menyambut para tokoh agama lintas agama tersebut. 

Fenomena kebersamaan ini juga mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat H Ahmad Jayadi. Ia menyebut keragaman yang ada di Indonesia adalah sebuah anugerah. Multikultur, etnis, dan agama ini bisa menjadi kekuatan melalui kerjasama untuk kesuksesan dalam visi misi kehidupan berbangsa. 

“Ini (keragaman) menjadi keunikan lebih dibandingkan dengan bangsa lain dengan mendapatkan payung yakni Pancasila,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, Al-Quran harus mampu menginspirasi untuk mewujudkan kerukunan dan menguatkan toleransi. 

Sementara Gubernur Lampung juga memberikan apresiasinya kepada umat lintas agama yang telah ikut serta membantu suksesnya kegiatan MTQ tahun ini. Ini menjadi wujud persatuan atau ukhuwah yang ada di tengah-tengah masyarakat. 

“Mari jadikan MTQ ini sebagai sarana untuk menguatkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah,” ajaknya. 

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lampung Qudratul Ikhwan mengatakan bahwa MTQ ini digelar melalui sinergitas dengan berbagai pihak untuk sukses pelaksanaan dan kemyamanan seluruh kafilah dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. 

Ia juga berharap perhelatan MTQ ini mampu benar-benar membuktikan bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat untuk alam semesta. 

Ia menjelaskan bahwa MTQ ini akan digelar mulai 2-9 Desember 2022. MTQ memperlombakan 9 cabang yang tersebar di 9 mimbar yakni: Mimbar I Cabang Tilawatil Qur’an, Mimbar II Cabang Qira’at, Mimbar III Cabang Hifdzil Qur’an, Mimbar IV Cabang Tahfidz, Mimbar V Cabang Fahmil Qur’an, Mimbar VI Cabang Syarhil Qur’an, Mimbar VII Cabang Khattil Qur’an, Mimbar VIII Cabang Maqalah Qur’an, dan Mimbar IX Cabang Musabaqah Hadits. 

Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Alhafiz Kurniawan

Al-Musthofa Publication Umat Lintas Agama Bantu Kesuksesan MTQ Ke-49 Lampung 

Source link