Berita

Varian Baru Lebih Cepat Menular

Al-Musthofa Publication Varian Baru Lebih Cepat Menular

Jakarta, NU Online

Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini belum menunjukkan tanda-tanda menurun dan terkendali. Sampai dengan Senin (21/6), jumlah total kasus positif Covid-19 di Indonesia justru terus meningkat dan sudah menembus angka 2 juta lebih yakni 2.004.445 kasus. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, sampai saat ini sudah ada 54.956 orang yang meninggal dunia akibat Covid-19.


Kondisi terus meningkatnya kasus Covid-19 akhir-akhir ini menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin disebabkan adanya varian baru Covid-19 khususnya dari India yang dinamakan dengan varian Delta. Varian ini menurutnya lebih cepat penularannya dan saat ini mendominasi di sejumlah wilayah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.


“Khusus yang kali ini, penularannya lebih cepat dibandingkan yang liburan sebelumnya karena memang varian barunya masuk. Varian ini lebih cepat menular,” kata Menkes saat diwawancarai awak media, Senin (21/6) sore.


Namun cara untuk memutus mata rantai varian baru ini menurut Menkes masih sama yakni dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak. “Jangan cepat lelah, jangan bosen, jangan abai,” Menkes mengingatkan.


Varian baru Covid-19 ini tambah Menkes akan cepat menular pada orang yang memang penerapan protokol kesehatannya longgar atau tidak ketat. Dan saat ini yang banyak tertular adalah kelompok usia yang mobilitasnya tinggi yakni usia muda.


“Kalau yang sudah tua dan komorbid, lebih hati-hati, lebih menjaga diri, dan lebih sering tinggal di rumah,” ungkapnya.


Sementara terkait dengan efektivitas vaksin yang telah diberikan, Menkes mengungkapkan bahwa vaksinasi efektif dalam menjaga kondisi kesehatan seseorang walaupun ia terpapar Covid-19.

 

Berdasarkan data, 5-8 persen orang yang terpapar Covid saat ini adalah mereka yang sudah divaksin. Namun mereka yang sudah divaksin menurut Menkes lebih cepat pulih ketika terkena Covid-19.


Menkes menambahkan bahwa vaksin yang ada saat ini pun masih efektif dalam menghadapi varian baru Covid-19. Walaupun begitu, ia tetap mengingatkan warga masyarakat untuk tetap waspada dan segera ikut program vaksinasi agar kesehatannya bisa terjaga.


Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Varian Baru Lebih Cepat Menular

Source link