Berita

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Kantor PCNU Mimika

Al-Musthofa Publication Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Kantor PCNU Mimika

Jakarta, NU Online

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin meresmikan Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mimika, di Rimba Papua Hotel, Jalan Kwamki Narama Nomor 1, Kecamatan Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (30/11/2022). 

Pada kesempatan itu, Kiai Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa NU didirikan di atas prinsip untuk membangun kebaikan dan kemaslahatan masyarakat sesuai ajaran Ahlussunnah wal Jamaah. 

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengharapkan, NU Mimika mampu terus memegang prinsip, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kemanusiaan di tanah Papua.

Ia menganalogikan bahwa kehadiran NU harus seperti seseorang yang mengamankan duri di jalan, sehingga tidak terinjak atau membahayakan orang lain. 

“Duri ini artinya apa saja yang menghalangi di jalan, yang membuat kemudharatan termasuk juga konflik-konflik, itu harus dihilangkan,” ungkap Wapres, melalui keterangan tertulis yang diterima NU Online, Rabu petang. 

Untuk membangun kemaslahatan, Wapres mengimbau PCNU Mimika untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat. Sebab hal itu merupakan bagian dari pengabdian NU kepada bangsa dan negara. 

“Karena memang sejak awal NU itu didirikan dalam rangka mengabdi kepada Allah, kepada bangsa dan negara. Makanya di NU ditanamkan hubbul wathan minal iman, cinta tanah air itu sebagian dari iman,” ungkapnya. 

Tak lupa, ia mengapresiasi PCNU Mimika yang dinilai telah banyak berperan dan mengembangkan kegiatan-kegiatan positif, termasuk membangun silaturahim dan menjaga toleransi. 

“Saya bangga karena (NU) di sini bisa membangun kerja sama (dengan) pemerintah. Membangun toleransi dengan warga lain dan agama lain. Itulah ajaran yang dibangun oleh NU,” tutur Wapres. 

Ketua PCNU Mimika Imam Mawardi Ma’sum melaporkan, Kantor PCNU Mimika dibangun di atas tanah wakaf seluas 200 meter persegi melalui dana swadaya dari jamaah NU Mimika dan bantuan dari masyarakat, termasuk masyarakat nonuslim.

Alhamdulillah pada anggaran tahun 2022 Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika membantu pembangunan Kantor PCNU Mimika. Rencana selanjutnya di Tahun 2023, kami akan membangun NU Centre, kami telah menyiapkan lahan 12.000 meter persegi,” ungkapnya. 

Imam meyakinkan bahwa PCNU Mimika akan selalu mensyiarkan Islam yang tawasuth (moderat), tawazun (berimbang), i’tidal (berprinsip), dan tasamuh (toleran) dalam bingkai rahmatan lil alamin

Ia menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada Wapres KH Ma’ruf Amin yang telah berkenan mengunjungi Tanah Amungsa.

“Harapan kami, semoga tidak bosan-bosan hadir di Tanah Mimika, tanah aman, damai, dan penuh suka cita,” harapnya. 

Hadir pada acara ini, Pj. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob, jajaran PCNU Kabupaten Mimika, serta segenap Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Papua Tengah dan Kabupaten Mimika. 

Hadir pula Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Muhammad Imam Aziz, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya.

Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Alhafiz Kurniawan

Al-Musthofa Publication Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Kantor PCNU Mimika

Source link