Berita

Wisudawan Unugha Cilacap Diingatkan 3 Tanggung Jawab terhadap Ilmu

Al-Musthofa Publication Wisudawan Unugha Cilacap Diingatkan 3 Tanggung Jawab terhadap Ilmu

Cilacap, NU Online
Sekretaris  Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) X Jawa Tengah, Ruswan menyampaikan ada tiga bentuk tanggung jawab yang harus dilakukan manusia sebagai wujud rasa syukur terhadap ilmu yang telah diperoleh.

“Nikmat ilmu akan diminta pertanggungjawabannya. Maka ada tiga tanggung jawab terhadap nikmat ilmu. Yang pertama menambah ilmu, jangan merasa cukup dengan ilmu yang sudah dimiliki. Karena barangkali ilmu yang kita peroleh belum sempurna, maka harus di-tashih lagi,” katanya di hadapan ratusan wisudawan-wisudawati Universitas Nahdlatul Ulama Alghazali (Unugha) Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (19/3/2022) di Fave Hotel Cilacap.

 

Pihanya mengatakan bahwa saat ini mencari ilmu semakin mudah dengan kehadiran teknologi. Segala informasi bisa diperoleh di internet. Namun, menurutnya yang paling baik adalah muhadlarah (berhadapan langsung dengan guru).

“Tanggung jawab kedua adalah mengamalkan ilmu sesuai dengan apa yang kita ketahui. Tanggung jawab ketiga adalah menyebarkan ilmunya. Jangan lupa, siapa pun kalian memiliki misi dakwah,” lanjutnya.

Menurutnya apabila tiga hal ini dilakukan maka cita-cita Unugha akan bisa terwujud oleh para wisudawan sebagai alumni Unugha.

Wisuda diikuti oleh sebanyak 191 orang. Mereka berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 23 peserta ; Fakultas Matematika dan Komputer dengan 4 peserta; dari Fakultas Ekonomi dengan 22 peserta ; Fakultas Teknologi Industri dengan 21 peserta; juga dari Fakultas Keagamaan Islam dengan 98 peserta.

Doktor Ruswan, sapaan akrabnya juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah melewati banyak proses hingga mencapai tahap wisuda. Ia pun berharap agar ilmu yang telah diperoleh bermanfaat di dunia dan akhirat.

Pesan rektor

Hal senada disampaikan Rektor Unugha KH Nasrullah Muhson. Rektor yang akrab disapa Gus Nas itu mengucapkan selamat kepada para sarjana yang baru diwisuda. Ia juga mengharapkan mereka dapat berkiprah di masyarakat dan semakin diterima di masyarakat.

“Segenap keluarga besar Unugha merasa bersyukur karena sebanyak 191 mahasiswa telah diwisuda. Alhamdulillah wisudawan-wisudawati UNUGHA tahun ini lulus dengan IPK minimal tiga koma,” sambungnya.

 

Dalam sambutannya, Gus Nas dengan bangga menyampaikan prestasi yang telah diraih oleh Unugha baru-baru ini.

 

“Unugha mendapatkan Wiradesa Dikti tahun 2021. Ini prestasi secara kelembagaan. Kemudian melalui RACANA mendapatkan PHP Dikti 2021. Selanjutnya belum lama ini menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) kelima tahun 2022 perguruan Tinggi Islam Swasta se-Jawa Tengah. Yang membanggakan, Unugha mendapat juara umum Porseni,” ujar KH Nasrulloh.

 

Dengan prestasi dan status akreditasnya, Gus Nas optimis UNUGHA akan melaju semakin baik. “Universitas kita sudah terakreditasi dua kali, baik Lembaga maupun studinya, dan lulus semuanya, insyaallah akan kita genjot terus untuk menjadi universitas yang terbaik,” kata Gus Nas.

 

Acara wisuda diisi dengan rangkaian pra acara berupa hiburan musik kentongan dari Sekar Ayu Khinasih (SAK) Laras. Kemudian diikuti rangkaian pembukaan seperti halnya pada acara formal. Menjelang siang, para wisudawan/ti terbaik diumumkan oleh Wakil Rektor 3 Unugha Cilacap Bidang Humas Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, H Shoiman Nawawi.

Terdapat 14 mahasiswa yang menjadi wisudawan-wisudawati terbaik dari setiap program studi. Salah satunya yakni mahasiswa dari program studi Bimbingan Konseling Kiki Eva Lestari. Ia memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,83 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan.

 

Kontributor: Naeli Rokhmah
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Wisudawan Unugha Cilacap Diingatkan 3 Tanggung Jawab terhadap Ilmu

Source link