Berita

Wujudkan Kekebalan Kelompok, NU Bantaeng Sulsel Gelar Vaksinasi

Al-Musthofa Publication Wujudkan Kekebalan Kelompok, NU Bantaeng Sulsel Gelar Vaksinasi

Bantaeng, NU Online

Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi selatan (Sulsel) melaksanakan program vaksinasi di Kompleks Ma’arif Lasepang, Jalan Pendidikan, Selasa (10/8/2021).

 

Ketua PCNU Bantaeng Muhammad Jailani mengatakan vaksinasi bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Ia mengajak warga dan kader muda NU melakukan vaksinasi agar mampu berjuang bersama-sama melawan wabah tersebut.

 

“Sosialisasi yang sebelumnya digalakkan dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin memberikan ruang kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi pada pelaksanaan vaksinasi menuju Bantaeng yang lebih baik dan tetap menerapkan protkes,” katanya.

 

Jailani mengatakan banyaknya berita hoaks yang beredar di media sosial terkait vaksin adalah informasi yang tidak faktual. “Mari kita saling berpegang teguh pada satu prinsip bahwa semua itu untuk kemaslahatan dan kebaikan kita bersama,” ajaknya.

 

Jailani menambahkan masyarakat harus yakin bahwa pemerintah sudah melakukan hal terbaik untuk melindungi  warganya dari penularan Covid-19. Menurutunya, saat ini grafik penurunan angka korban Covid-19 belum menunjukkan angka yang signifikan. 

 

Pihaknya mengatakan target vaksinasi yang diadakan PCNU Bantaeng diikuti 70-100 warga pada hari itu. Khusus dalam lingkup LP Ma’arif NU akan dilibatkan anak didik usia 12 tahun ke atas dengan persetujuan orang tua dalam program vaksinasi tersebut.

 

Bupati Bantaeng Ilham Azikin hadir meninjau di tengah-tengah proses vaksinasi. Bupati mengatakan bahwa upaya yang dilakukan NU menunjukkan semakin tingginya kesadaran elemen dan lembaga masyarakat yang ada di Kabupaten Bantaeng.

 

Saat ini ikhtiar yang baik dalam pencegahan Covid-19 adalah vaksinasi. Ia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan NU. “Para orang tua yang membuat ruang sinergitas bersama Dinas Kesehatan, dan Polres dalam memfasilitasi masyarakat. Bisa kita lihat masyarakat terus berdatangan di sekitaran Gedung NU untuk melaksanakan vaksinasi agar secepatnya bersama- sama keluar dari pandemi. Hormat dan penghargaan setinggi-tingginya untuk NU,” ujarnya.

 

Menurutnya,  proses edukasi ini cermin untuk lembaga lain, yang tentunya menjadi tugas dan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah, tenaga kesehatan, tapi semua elemen terlibat.

 

“Semakin banyak masyarakat yang divaksinasi, dengan cepat pula kita keluar dari pandemi,” harapnya.

 

Kontributor: Ahmad Saeful

Editor: Kendi Setiawan

Al-Musthofa Publication Wujudkan Kekebalan Kelompok, NU Bantaeng Sulsel Gelar Vaksinasi

Source link