Berita

Ziarah Kian Mudah dengan Aplikasi NU Online

Al-Musthofa Publication Ziarah Kian Mudah dengan Aplikasi NU Online

Tepat pada 16 Rajab 1443 H atau bertepatan dengan hari lahir ke-99 Nahdlatul Ulama, NU Online Super App merilis fitur Ziarah untuk semakin mempermudah masyarakat yang hendak mengunjungi makam para ulama dan tokoh. 

 

Fitur Ziarah pada aplikasi berbasis Android dan iOS ini dilengkapi dengan foto tokoh, biografi, waktu/tempat lahir dan wafat, serta alamat lengkap makam. Agar lebih gampang menuju lokasi, fitur ini juga dikoneksikan dengan Google Map.

 

Kelebihan lain dari fitur Ziarah di aplikasi NU Online ini adalah sistem secara otomatis akan memberikan informasi kepada para pengguna tentang lokasi makam terdekat dari titik ia berada saat itu. 

 

Fitur Ziarah juga dilengkapi dengan ulasan mengenai adab dan keutamaan ziarah, serta amalan-amalan seputar ziarah kubur. Penjelasan ini disajikan dalam bentuk artikel dengan merujuk pada sumber-sumber mu’tabar (otoritatif).

 

Saat ini, tim NU Online sedang terus menyempurnakan fitur Ziarah ini. Selain menambah entri makam-makam tokoh lain, juga sedang disiapkan jenis destinasi lainnya seperti masjid bersejarah, museum, petilasan ulama, dan lain-lain. Karena itu, jangan lupa selalu periksa pembaharuan aplikasi Anda!

 

NU Online Super App secara resmi diluncurkan PBNU setahun lalu di Masjid Istiqlal Jakarta, persisnya pada 27 Februari 2021 bertepatan dengan harlah NU 16 Rajab 1442 H. Selain fitur Ziarah, aplikasi keislaman ini juga merilis fitur Ramadhan. Berbagai kemudahan telah disediakan agar umat Islam semakin mudah dan nyaman beribadah menyongsong bulan suci yang tinggal sekitar 5 pekan lagi.

 

NU Online Super Appe yang bisa diunduh di Play Store dan App Store ini memiliki sedikitnya 18 fitur andalan, mulai dari Al-Qur’an, Doa & Wirid, Maulid, Jadwal Shalat, Kompas Kiblat, Kalender Hijriah, Tutorial Ibadah, hingga Tasbih Digital dan Kalkulator Zakat. 

 

Silakan nikmati beragam fitur yang memudahkan Anda memperoleh fasilitas dan layanan informasi keislaman terbaik!

 

Berikut ini adalah gambaran singkat dari masing-masing fitur dalam NU Online Super App:

 

📗 Al-Qur’an

Memfasilitasi para pecinta Al-Qur’an untuk bisa membaca dalam format per halaman atau per ayat, dilengkapi dengan terjemah, transliterasi Latin, dan tafsir.

 

🤲 Doa & Wirid

Menyediakan ratusan doa keseharian, kesehatan, perjalanan, kesehatan, dan lain-lain; juga shalawat, ratib, hizib, istighotsah, dan wirid-wirid lainnya dari sumber-sumber otoritatif.

 

🕒 Jadwal Shalat

Mengingatkan waktu shalat umat Islam di seluruh dunia, termasuk waktu imsak, dhuha, dan terbit. Terdapat ragam pilihan notifikasi: suara bedug, bunyi kentongan, atau alunan adzan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf.

 

📆 Kalender Hijriah

Tak hanya penanggalan Masehi dan Hijriah, kalender ini juga dilengkapi penanda hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon), hari-hari besar Islam, libur nasional, dan momen penting NU.

 

🕋 Kiblat

Kompas penunjuk arah kiblat dilengkapi dengan informasi derajat sudut, juga pilihan mencari arah kiblat lewat kamera (qibla finder).

 

🕌 Tutorial Ibadah

Menyediakan tuntunan ibadah lengkap, mulai dari bersuci, shalat, puasa, hingga seputar ziarah dan kematian. Di samping berupa artikel, tutorial juga disediakan dalam bentuk video.

 

👳‍♀️ Khutbah

Berisi kumpulan materi khutbah Jumat yang selalu bertambah dengan konten terbaru. Tersedia pula materi khutbah Idul Fitri dan Idul Adha. Semua disusun lengkap agar tak menyalahi rukun-rukun khutbah.

 

📒 Yasin & Tahlil

Memuat bacaan Yasin dan Tahlil yang biasa dibaca umat Islam di Indonesia, mulai dari hadiah fatihah, susunan teks, hingga doa penutup.

 

🔢 Tasbih Digital

Merupakan mesin penghitung digital sebagai pengganti bulir-bulir tasbih untuk kegiatan wirid atau sejenisnya. Fasilitas ini dilengkapi dengan opsi mode getar dan suara, serta tombol pengaturan jumlah dan reset.

 

📚 NUpedia

Merupakan ensiklopedia digital NU yang memuat ratusan entri informasi seputar biografi tokoh, sejarah, kelembagaan, komunitas, tradisi, dan khazanah pesantren.
 

📒 Maulid

Memuat sedikitnya enam kitab maulid beserta terjemahnya: Maulid ad-Diba’i, Maulid al-Barzanji, Maulid al-Azab, Simthud Durar, Qasidah Burdah, dan adl-Dliyaul Lami’.

 

⏯️ Kalkulator Zakat

Memudahkan pengguna dalam menghitung komponen-komponen kekayaan untuk guna menuaikan kewajiban zakat, mulai dari sektor pertanian, perhiasan emas-perak, peternakan, tambak, perusahaan, hingga profesi.

 

🎥 Video

Kanal yang terintegrasi dengan saluran YouTube NU Online yang menayangkan beragam konten: tutorial ibadah, wawancara eksklusif, shalawat, film pendek, kajian kitab kuning, dan lain-lain.

 

☪️ Ziarah

Memfasilitasi umat Islam dalam menemukan lokasi makam-makam yang penting diziarahi. Fitur ini juga dilengkapi info alamat, Google Map, dan biografi tokoh.

 

📜 Kalam

Menampilkan ragam konten grafis yang terbagi sedikitnya dalam tiga kategori: Infografik, Mutiara Kata, dan Doa & Dzikir

 

📰 Artikel

Fitur ini terkoneksi dengan situs web NU Online yang memuat lebih dari 100 ribu artikel. Temukan aneka macam informasi keislaman dari sumber-sumber mu’tabar untuk berbagai topik permasalahan!

 

🕌 Ramadhan

Menyajikan menu-menu terkait rutinitas ibadah selama bulan suci, mulai dari niat puasa, doa berbuka, bacaan Lailatul Qadar, sampai tutorial shalat tarawih dan witir lengkap dengan doa dan wirid sesudahnya. Fitur ini juga diperkaya dengan kumpulan khutbah Jumat bertema Ramadhan, panduan teknis pelaksanaan zakat fitrah, takbiran, shalat Id, serta kompilasi khutbah Idul Fitri dalam aneka judul. 

(Mahbib Khoiron)


Al-Musthofa Publication Ziarah Kian Mudah dengan Aplikasi NU OnlineAl-Musthofa Publication Ziarah Kian Mudah dengan Aplikasi NU Online

Al-Musthofa Publication Ziarah Kian Mudah dengan Aplikasi NU Online

Source link